Polri Apps
banner 728x90

Prabowo-Gibran Raih Elektabilitas Tertinggi di Kalangan Generasi Z dan Millenial

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) bersama Gibran Rakabuming Raka.

Jakarta, Owntalk.co.id – Hasil survey dalam tiga pekan menjelang Pemilihan Umum Legislatif, DPD dan Presiden semakin seru. Pasangan Prabowo-Gibran menduduki posisi terakhir di hampir seluruh lembaga survei.

Terutama di kalangan generasi Z dan Millenial, kedudukan pasangan nomor urut 2 itu kian tidak terkejar oleh dua paslon lawan. Fenomena ini memberi sinyal kemungkinan Pemilu 2024 untuk Pilpres berpeluang besar satu putaran.

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden menjelang satu bulan pencoblosan pilpres masih dinamis. Salah satu yang menjadi perhatian dukungan suara anak muda baik dari generasi Z atau Gen Z dan milenial kepada para paslon.
Beberapa survei terbaru tingkat nasional merekam arah suara Gen Z dan milenial untuk pasangan capres cawapres baik untuk Anies Baswedan-Muhaimin, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pemilih dari kalangan Gen Z dan milenial ini menjadi mayoritas di Pilpres 2024. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024 didominasi oleh kelompok generasi milenial (kelahiran 1980 – 1994) sebanyak 66,8 juta pemilih (33,0 persen) dan Gen Z (kelahiran 1995 – 2000) sebanyak 46,8 juta pemilih (22,8 persen). Total kedua generasi porsinya 56,4 persen suara.

Berikut hasil beberapa survei terbaru yang merekam suara dukungan Gen Z dan milenial:

Pertama

Survei Terbaru Gen Z dan Milenial dari Lembaga Survei Indonesia atau LSI

Berdasarkan hasil survei terbaru LSI, elektabilitas capres-cawapres pasangan Prabowo-Gibran di kalangan Gen Z dan milenial menunjukkan hasil tertinggi.

Ini berdasarkan survei periode 10–11 Januari 2024 yang melibatkan 1.206 responden lewat wawancara via telepon. Metodologi survei menggunakan metode acak Double Sampling dengan margin of error diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Kalangan Gen Z: Prabowo-Gibran: 72,1 persen Ganjar-Mahfud: 17,5 persen Anies-Muhaimin: 7,6 persen Kalangan milenial: Prabowo-Gibran: 52,3 persen Ganjar-Mahfud: 17,5 persen Anies-Muhaimin: 24,5 persen

Kedua

Survei Terbaru Gen Z dan Milenial dari Indikator Berdasarkan survei terbaru dari Indikator, mayoritas generasi muda atau Gen Z, cenderung memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran.

Survei yang dilakukan oleh Indikator melibatkan 1.200 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara tatap muka dilakukan selama 10-16 Januari 2024, dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kalangan Gen Z: Prabowo-Gibran: 71,6 persen Ganjar-Mahfud: 13 persen Anies-Muhaimin: 11 persen Kalangan milenial: Prabowo-Gibran: 47,8 persen Ganjar-Mahfud: 19 persen Anies-Muhaimin: 27,6 persen

Ketiga

Survei Terbaru Gen Z dan Milenial dari Poltracking Berdasarkan survei terbaru dari Poltracking, pasangan Prabowo-Gibran kembali meraih elektabilitas tertinggi di kalangan milenial.

Poltracking mengadakan survei tatap muka pada rentang waktu 1-7 Januari 2024 dengan melibatkan 1.220 responden yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Sampel diambil menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini diperkirakan sekitar 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Kalangan Gen Z: Prabowo-Gibran: 61,5 persen Ganjar-Mahfud: 21,2 persen Anies-Muhaimin: 12,5 persen Kalangan milenial: Prabowo-Gibran: 46,2 persen Ganjar-Mahfud: 29,8 persen Anies-Muhaimin: 17,4 persen

Provinsi se-Sumatera

Sementara itu, di 10 provinsi wilayah Sumatera, umumnya elektabilitas Ganjar-Mahfud menjelang pemilu kian melorot. Hasil survei Litbang Kompas menyebut pasangan nomor urut tiga itu kini menduduki posisi terencah, yakni hanya 22 persen.

Hasil secara utuh sebagai berikut:
Anies-Muhaimin = 36 persen
Prabowo-Gibran = 41 persen
Ganjar-Mahfud = 22 persen
Tidak tahu/tidak jawab = 1 persen (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *