Polri Apps

BPS Lingga Beberkan Mitra Statistik Yang Dihubungi Mulai Kerja Bulan Depan

Ilustrasi Petugas BPS saat melakukan sensus kerumah warga. (ist)

Lingga, Owntalk.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Lingga berencana melakukan pendataan ulang pada bulan Februari mendatang oleh Mitra Statistik yang lulus pada tahapan seleksi penerimaan Mitra Statistik pada bulan Desember Lalu. Selasa, (09/01/2024).

Rencananya, dalam waktu dekat BPS Lingga akan melakukan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada Februari mendatang.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)
merupakan salah satu survei yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menghasilkan berbagai macam indikator di bidang Sosial dan Ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, pengeluaran rumah tangga, dan sebagainya.

Sedangkan SAKERNAS merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh BPS dengan tujuan untuk mendapatkan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan.

Rencananya, BPS Lingga terlebih dahulu melakukan pembekalan wawasan dan cara kerja mitra statistik melalui pelatihan awal yang nantinya akan digelar pada tanggal 27-31 Januari mendatang.

Selanjutnya, pada tanggal 01 hingga 10 Febeuari nantinya akan dimulai pendataan mutahiran, guna melakukan pengecekan kembali data-data pada tahun sebelumnya.

Selama 10 hari pelaksanaan pemutahiran data nantinya yang ditujukan pada masing-masing mitra statistik untuk menyasar 10 rumah warga yang sudah masuk dalam daftar survei sosial ekonomi nasional BPS Lingga.

Dimana nantinya, pencacahan akan dimulai pasca pemilihan umum (Pemilu) pada tanggal 19 Februari hingga 9 Maret 2024.

Selain itu, Mitra Statistik BPS Lingga yang ditelah dipilih akan melakukan Survei atau pendataan rutin pada setiap bulannya untuk melakukan pendataan VHTS, Ubian, KSA, Survei Harga Konsumen Perdesaan (HKD), Survei Harga Produsen Perdesaan (HD) dan sebagainya. (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *