Polri Apps
banner 728x90

Produksi dan Sebar Berita Hoaks Melanda Tim Prabowo

Yuli Handayani dan kegiatan kunjungan Prabowo ke Cilincing, Sabtu, akhir pekan lalu. (30/12/2023)

Jakarta, Owntalk.co.id – Aksi produksi dan menyebar hoaks menjelang Pemilu 2024 kian gencar. Tim Prabowo-Gibran menjadi sasaran empuk oleh sejumlah pihak yang lihai menyembunyikan identitas.

”Kegiatan membuat (produksi) hoaks untuk disebarkan ke publik semakin gencar menjelang pemilu. Karena itu, tim kami sedang aktif memantau pihak-pihak yang aktif membuat dan menyebar hoaks lewat sosial media,” kata Eriq Namara, Relawan Nasional Prabowo Subianto, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis, 4/1/2024.

Salah satu kegiatan membuat hoaks dan menyebarkannya di sosmed yang menjadi viral, adalah tindakan sekelompok penyebar hoaks di Jakarta, oleh pihak yang belum diketahui identitasnya. Tindakan itu dinilai mencoreng prinsip santai dan damai dalam Pilpres 2024.

Terbongkarnya hoaks yang menyerang Prabowo itu dibeberkan oleh seorang ibu di Cilincing, Jakarta Utara. Ada sekelompok orang yang memberikan uang sebesar Rp200 ribu kepada warga Cilincing, Jakarta Utara, usai wilayah itu didatangi Prabowo. Warga itu diwawancarai oleh satu kelompok, dan videonya dipotong-potong untuk kemudian disebarkan.

Yuli Handayani

Kegiatan itu diungkap oleh seorang wanita paruh baya bernama Yuli Handayani (36). Pengakuan itu disampaikan lewat media sosial yang kini menjadi viral. Yuli Handayani mengaku diwawancarai dan diberi uang Rp 200 ribu. Kemudian hasil wawancara yang direkam, diedit sehingga tidak sesuai dengan aslinya.

”Video yang beredar itu bohongan Pak, nggak bener banget. Pertama itu mereka nanya ke saya, ibu didatangi Pak Prabowo? Saya jawab iya Pak, saya seperti mimpi. Ya Allah saya seperti gimana gitu ya,” cerita Yuli kepada salah satu media di Cilincing, Rabu (3/1/2024).

Ia melanjutkan pelaku ‘operasi 200 ribu’ itu menanyakan apakah dirinya diberi uang oleh Prabowo. ”Saya jawab bukan uang, yang dikasih hanya baju warna coklat tiga. Bajunya juga lagi saya cuci. Prabowo hanya memberikan uang kepada anak-anak kecil untuk tahun baruan, udah gitu doang,” ungkap dia.

Yuli mengaku justru pihak yang mendatanginya itulah yang memberikan uang kepada dirinya dan ibunya sebesar Rp 200 ribu.

”Justru saya yang dikasih duit sama orang dua itu (orang yang mewawancarai). Kata saya, itu duit apa Pak? Jawab mereka, udah pegang aja ini rezeki ibu, bagi dua ya sama ibunya. Saya buka amplopnya, sudah lusuh juga, kotor gitu amplopnya, isinya Rp 200 ribu. Ya, karena saya lagi nggak ada duit, ya udah saya beliin saja beras dan sama ibu saya dibeliin bakso,” kata Yuli.

Menurut dia orang yang memberikan uang tersebut adalah dua orang laki-laki yang menggunakan kaos warna merah. Yuli pun menyayangkan bahwa video yang beredar tersebut memotong testimoni kesannya saat didatangi oleh Prabowo.

Yuli mengaku bahagia bertemu Prabowo dan tidak ingin testimoninya menjadi bahan untuk menjelekkan Prabowo.

”Kalau bisa mah nggak usah begitu pak, nggak usah viral-viralin. Saya ngomong apa adanya, kalau saingan sih saingan tapi jangan begitu, jangan saling menjelekkan. Saya ngomong jangan dipotong-potong (videonya) jangan disetting-setting. Saya hanya orang biasa,” kata Yuli.

Sebelumnya diberitakan Warta Kota, Rabu (3/12/2023), Prabowo Subianto bikin geger warga Kampung Sawah, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut pemberitaan Warta Kota berjudul ‘Heboh Babinsa Minta KTP dan KK Warga Cilincing Usai Dikunjungi Prabowo, Ini Kata Juli Handayani,’ Prabowo secara dadakan mengunjungi permukiman padat itu sambil membagikan uang kepada anak-anak. Yang jadi soal adalah dalam video yang viral di medsos, setelah dikunjungi Prabowo, petugas Babinsa TNI setempat meminta KTP dan KK milik warga.

Diberitakan bahwa dalam video yang salah satunya diunggah akun Instagram @adian__napitupulu itu, terekam bagaimana awalnya Prabowo berjalan kaki memasuki gang kecil ke permukiman Kampung Sawah. Video berdurasi 1.58 menit itu berlanjut, Prabowo terlihat menemui beberapa warga di lokasi.

Setelahnya video dipotong dan dilanjutkan dengan keterangan ‘Cerita Di Balik Blusukan Prabowo Di Cilincing.’ Kemudian, video berlanjut menampilkan lokasi blusukan Prabowo.

Si perekam lalu mendatangi seorang wanita dan menanyakan detik-detik kunjungan Prabowo. Wanita berbaju kuning itu lalu menceritakan proses kedatangan Prabowo ke rumahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *