Polri Apps
Lingga  

Pemkab Lingga Raih Penghargaan AKIP dari KemenPANRB di Bali

Bupati lingga bersama, kepala Badan Barenlitbang, Kabid Berenlitbang, dan tim Implentasi SAKIP, Barenlitbang berserta Kabag Protokol

Lingga, Owntalk.co.id – Bupati Lingga, M. Nizar S.Sos., menerima penghargaan dari hasil evalusi Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga Tahun 2023, di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu, (06/12/2023).

Kegiatan Evalusi Implementasi AKIP diselenggarakan pada setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dimulai dari bulan September lalu hingga dengan November Tahun 2023. 

Tujuan evaluasi ini adalah untuk mengetahui tingkat Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil (result oriented government). 

Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah (AKIP) Kabupaten Lingga Tahun 2023 menunjukkan peningkatan nilai yang signifikan bila dibandingkan tahun 2022 sebelumnya. 

Pada penilaian kali ini, Pemkab Lingga memperoleh hasil nilai untuk tiap komponen yakni: perencanaan kinerja memperoleh nilai 20,30, pengukuran kinerja memperoleh nilai 15,99, Pelaporan kinerja memperoleh nilai 10,08 dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal memperoleh nilai 14,32. 

Sehingga total nilai hasil evaluasi untuk AKIP Kabupaten Lingga tahun 2023 adalah 60,69. 

Dengan demikian tingkat akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Lingga Tahun pada tahun 2023 berpredikat “B”. 

Capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Kabupaten Lingga karena menunjukkan peningkatan, setelah sebelumnya selama 5 tahun (2018-2022) hasil evaluasi AKIP Kabupaten Lingga hanya berada di predikat “CC”. 

Untuk prestasi ini Bupati Lingga secara langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. 

“Saya atas nama Bupati Lingga mengucapkan ribuan terimakasih dan apresiasi setingginya kepada OPD Terkait dan Tim Implementasi SAKIP Kabupaten Lingga atas penghargaan ini, yang mana telah mengukir nama Kab. Lingga di KemenPANRB,” ucap Nizar Kepada media Owntalk.co.id , Rabu (06/12/2023) malam.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada kegiatan Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI, Tahun 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian RBxperience Tahun 2023 yang turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, dalam menerima penghargaan evaluasi AKIP Tahun 2023 itu. 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Lingga yang didampingi Kepala Badan Barenlitbang Kab. Lingga dan Kabid Perencanaan Barenlitbang yang juga sebagai perwakilan Tim Implementasi SAKIP daerah Kab. Lingga, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga berharap, dengan penghargaan tersebut bisa meningkat kinerja seluruh OPD di Pemerintahan Kab. Lingga. 

“Semoga Penghargaan ini dapat menjadikan motivasi bagi Seluruh Perangkat Daerah Kab Lingga untuk meningkatkan pelayanannya kepada Masyarakat,”. Harapnya (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *