Polri Apps

PT PLN Batam Berkomitmen Tingkatkan Bauran Energi: Meluncurkan PLTS Atap 6.2 MWp

Wujudkan Energi Terbarukan, PLN Batam Mengoperasikan Layanan Total Solusi PLTS Atap PT Mc Dermott.

Batam, Owntalk.co.id – PT PLN Batam menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan bauran energi sebesar 23% pada tahun 2025 dan mencapai transisi net zero emission pada tahun 206

Pada 24 November 2023, PT PLN Batam bersama PT McDermott Indonesia melaksanakan commissioning secara bertahap Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dengan kapasitas 6.2 Mega Watt peak (MWp).

Langkah ini sejalan dengan komitmen PT PLN Batam untuk menyediakan listrik hijau di kawasan industri dan ekonomi. Kerjasama ini juga menjadi inisiatif dalam mendukung program EBT (Energi Baru Terbarukan).

Muhammad Darwin, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau, mengapresiasi kolaborasi antara PT PLN Batam dan PT McDermott dalam membangun pembangkit listrik berbasis EBT.

Darwin optimis bahwa dengan langkah-langkah seperti ini, target bauran energi di Kepulauan Riau dapat mencapai 54% pada tahun 2050.

Dalam mendukung program pemerintah mencapai net zero emission, Purnomo, EVP Perencanaan Strategis Pembangkitan PT PLN (Persero), menyatakan bahwa PLN Batam sebagai bagian dari PLN Group berupaya maksimal dalam percepatan penyediaan energi listrik EBT. Program Layanan Total Solusi PLTS Atap menjadi salah satu inisiatif yang mendukung target tersebut.

Muhammad Irwansyah Putra, Direktur Utama PT PLN Batam, menyampaikan bahwa melalui program Layanan Total Solusi PLTS Atap, PT PLN Batam telah melakukan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Energi Baru dan Terbarukan (PJBTL EBT) dengan beberapa pelanggan untuk menyediakan energi bersih melalui PLTS Atap.

Irwan Irwansyah menambahkan bahwa kolaborasi ini sudah berhasil menurunkan emisi CO2 sebesar 4.296 metrik ton per tahun. Program ini melibatkan sekitar 11.428 modul panel surya dengan sistem Photovoltaic Rooftop yang tersebar di 24 lokasi di area seluas 28.963 M2 pada kawasan PT McDermott Indonesia.

Andrew Patterson, Director Fabrication PT McDermott Indonesia, menyatakan bahwa program Layanan Total Solusi PLTS Atap merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju energi hijau berkelanjutan dan net zero emisi.

Patterson menyambut positif hasil kerjasama saat ini dan menyampaikan komitmen untuk terus mencapai target positif ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *