Kemendikbudristek Buka Pendaftaran MSIB 6 untuk Mahasiswa Indonesia

Kepala Program MSIB, Wachyu Hari Haji dalam acara Sosialisasi Program MSIB 6 pada LLDIKTI dan Pimpinan Perguruan Tinggi yang berlangsung Rabu (1/11). (Dok; Humas Ditjen Diktiristek)

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerima proposal dari berbagai instansi dan perusahaan yang ingin bergabung dalam pelaksanaan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 6.

Dalam upaya meningkatkan partisipasi dan berdasarkan kesiapan mitra, MSIB Angkatan 6 ditargetkan dapat menampung hingga 45 ribu mahasiswa sebagai peserta magang dan studi independen.

“Para mitra sudah siap untuk menampung teman-teman mahasiswa, sekitar pertengahan bulan ini kita akan mempublikasikan mitra terpilih yang memang layak untuk menerima peserta MSIB. Akan ada puluhan ribu lowongan, harapannya peserta tahun ini bisa lebih banyak,” kata Wachyu Hari Haji, kepala Program MSIB.

MSIB adalah salah satu program unggulan yang diadakan oleh Kemendikbudristek, sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tujuan dari program ini adalah mengurangi kesenjangan antara sumber daya manusia berkualitas dan kebutuhan industri.

Selama lima angkatan sebelumnya, MSIB telah memfasilitasi lebih dari 120 ribu peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Program ini membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja dan kompetensi yang penting bagi perkembangan karier mereka.

Hasil survei dan evaluasi program menunjukkan bahwa alumni MSIB memiliki kemampuan berpikir dan kepemimpinan di atas rata-rata, mencerminkan dampak positif program ini pada perkembangan mahasiswa Indonesia.

Program MSIB terbuka untuk mahasiswa tingkat D2, D3, D4, dan S1 dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek.

Kegiatan sosialisasi kali ini memberikan informasi detail tentang pelaksanaan Program MSIB Angkatan 6 serta perubahan baru, termasuk digitalisasi dokumen Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), syarat keikutsertaan dalam program ini.

Pendaftaran akun mahasiswa telah dibuka sejak 19 Oktober lalu dan akan berakhir pada 15 Desember mendatang. Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran Program MSIB dan hal-hal terkait dapat ditemukan di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Proses verifikasi dan validasi dokumen mahasiswa oleh perguruan tinggi juga akan dilakukan dalam periode yang sama. Setelah itu, peserta akan mengikuti seleksi dan penawaran oleh mitra. Program ini akan dimulai pada pertengahan Februari 2024 bagi peserta terpilih.

“Kami telah meningkatkan beberapa aspek program ini, dan kami berharap program MSIB Angkatan 6 akan berjalan lancar. Kami mengundang sebanyak-banyaknya mahasiswa untuk mendaftar,” ujar Wachyu.

Exit mobile version