Polri Apps
banner 728x90

Perkuat Ekosistem Pangan, ID FOOD Tingkatkan Kemitraan dengan UMKM

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan. (Dok; ID FOOD)

Jakarta, Owntalk.co.id – Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran sentral dalam sektor pangan, dan Holding BUMN Pangan telah menetapkan penguatan UMKM sebagai prioritas utama guna memperkuat ekosistem pangan nasional.

Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama ID FOOD, Frans Marganda Tambunan, saat mengunjungi Bazar UMKM Untuk Indonesia yang digagas oleh Kementerian BUMN di Sarinah, Jakarta, Sabtu (28/10).

Frans menyoroti hubungan erat antara bisnis ID FOOD dengan UMKM, mengingat salah satu tujuan dibentuknya Holding BUMN Pangan adalah untuk meningkatkan inklusi UMKM, petani, peternak, dan nelayan.

“ID FOOD telah menjalin kemitraan yang erat dengan berbagai pelaku UMKM, termasuk para petani, peternak, dan nelayan, serta pedagang pasar, warung, dan toko-toko kelontong,” ungkapnya.

Berdasarkan data dari Holding Pangan, hingga September 2023, ID FOOD telah menjalin kemitraan dengan 24.365 petani tebu, 2.944 petani padi, dan 816 nelayan.

Selain itu, ID FOOD juga telah bermitra dengan 16.273 UMKM melalui platform e-commerce Warung Pangan yang dikelola oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang merupakan bagian dari ID FOOD.

Frans menekankan bahwa ID FOOD mendukung pengembangan UMKM yang tergabung dalam platform digital PaDi UMKM yang dikembangkan oleh Kementerian BUMN. Hingga Oktober 2023, total transaksi ID FOOD Group di PaDi UMKM mencapai Rp10,2 miliar.

Frans menegaskan bahwa ID FOOD siap menjadi bagian dari program pemerintah dalam memperkuat sektor UMKM dan memiliki target untuk meningkatkan jumlah mitra UMKM.

“Ke depannya kita terus targetkan penambahan kemitraan dengan pelaku UMKM, hal tersebut sudah menjadi bagian dari Key Performance Indicator (KPI),” jelasnya.

Partisipasi ID FOOD bersama Bank Mandiri dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi Oktober 2023 juga merupakan bukti nyata komitmen perseroan dalam mendorong kemajuan UMKM.

Kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN berlangsung pada 26-29 Oktober 2023 di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Tema kegiatan ini adalah “Pemuda Bermimpi, Pemuda Berkarya” dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Bazar tersebut melibatkan 103 UMKM dari Rumah BUMN yang merupakan mitra binaan ID FOOD dan Bank Mandiri.

Selain mendukung transaksi B2C (Business to Customer), kegiatan ini juga mempromosikan transaksi B2B (Business to Business) dan berbagai aktivitas seperti talkshow dan workshop untuk mendorong digitalisasi UMKM melalui platform PaDi UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Dengan Bazar ini, diharapkan UMKM dapat memperluas pasar mereka baik secara offline maupun online melalui PaDi UMKM, serta meningkatkan transaksi tidak hanya pada level B2C, tetapi juga B2B.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *