Polri Apps
banner 728x90

Menkes Minta Masyarakat Lakukan Verifikasi Profile di SATUSEHAT

Menteri Kesehatan Budi Ginadi Sadikin saat kegiatan ‘Internalisasi dan Publikasi Know Your Customer pada SATUSEHAT Mobile’ yang digelar di DTO Space Kemenkes RI (Dok; Kemenkes)

Jakarta, Owntalk.co.id – Dalam rangka persiapan untuk kehadiran resume medis elektronik SATUSEHAT Mobile, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk melakukan verifikasi profil (centang biru).

Pernyataan ini disampaikan saat kegiatan ‘Internalisasi dan Publikasi Know Your Customer pada SATUSEHAT Mobile’ di DTO Space Kemenkes RI.

Menkes Budi menyampaikan bahwa verifikasi profil adalah langkah penting untuk mengidentifikasi keaslian pemilik akun, menjaga keamanan, dan melindungi data pengguna SATUSEHAT Mobile.

Proses ini, yang telah lama diterapkan di sektor keuangan, kini diperluas ke sektor kesehatan melalui SATUSEHAT Mobile.

“Verifikasi profil melibatkan proses know your customer (KYC) yang dilakukan oleh petugas kesehatan, dimulai dari internal Kemenkes RI dan akan diperluas ke publik dalam waktu dekat,” jelas Budi.

Proses verifikasi profil ini akan mencocokkan data profil di aplikasi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan akan dilakukan secara bertahap.

““Akan dimulai untuk individu diinternal Kemenkes RI dan akan diperluas kepada publik dalam waktu dekat,” kata Budi.

Masyarakat dapat melakukan verifikasi profil (centang biru) di fasilitas pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan SATUSEHAT Platform, dengan informasi lokasi yang dapat diakses melalui SATUSEHAT Mobile.

Untuk memudahkan masyarakat, Kemenkes juga akan mendirikan booth KYC di sejumlah pusat perbelanjaan sebagai upaya ‘jemput bola’ untuk mempercepat proses verifikasi profil.

Menkes Budi berharap, dengan langkah ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam 20-30 tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *