Polri Apps
banner 728x90

KTT AIS Forum 2023 Serukan Penguatan Solidaritas Atasi Permasalahan Bidang Maritim

Delegasi negara – negara partisipan AIS Forum dalam Pertemuan Pejabat Tinggi/Senior Official Meeting ke-8 di Antananarivo, Madagaskar, 29 Agustus 2023. (Sekretariat AIS Forum)

Jakarta, Owntalk.co.id – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara Kepulauan dan Pulau-Pulau (AIS) yang akan diselenggarakan pada 10-11 Oktober 2023 di Bali menyerukan peningkatan solidaritas untuk mengatasi tantangan bersama di bidang maritim.

Langkah ini didasari oleh prinsip bahwa AIS Forum dibentuk sebagai platform untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh negara kepulauan. Kepala Sekretariat AIS Forum, Riny Modaso, menjelaskan di Jakarta pada Selasa (3/10/2023),

“Negara kepulauan umumnya menghadapi tantangan serupa di bidang maritim, seperti perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan permukaan air laut. AIS Forum melihat perlunya upaya bersama untuk menghadapi isu ini,” jelas Riny.

Dalam mengatasi tantangan bersama, ditekankan bahwa kolaborasi dan kerja sama sangat penting. Solidaritas menjadi tema sentral, di samping dua bahasan utama lainnya: Ekonomi Biru dan Laut Kita, Masa Depan Kita.

Ketiga bahasan ini mencerminkan empat fokus utama AIS Forum, yaitu adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, penanganan bencana, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang efektif.

Negara-negara peserta AIS Forum telah bekerja sama melalui program-program yang difasilitasi oleh Sekretariat AIS Forum. Forum ini berupaya mempererat solidaritas antarnegara AIS, baik melalui penelitian bersama dalam bidang riset dan pengembangan, maupun melalui pemberdayaan ekonomi biru dengan mendukung UMKM dan startup di negara-negara AIS.

Kolaborasi internasional melibatkan pertemuan tingkat pejabat tinggi dan menteri sebagai bentuk komitmen negara-negara AIS untuk membangun kerja sama.

Didirikan pada 2018 melalui Deklarasi Manado, AIS Forum bergerak konsisten untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi tanpa memandang batas wilayah, kondisi sosial-ekonomi, atau tingkat pembangunan.

KTT AIS Forum di Bali, yang pertama kali dilaksanakan, menjadi platform yang relevan untuk menegaskan pentingnya kolaborasi dan solidaritas, diperkuat dengan partisipasi kepala negara/pemerintahan. Lebih dari 25 negara peserta AIS Forum telah mengonfirmasi kehadiran mereka pada KTT AIS Forum 2023 di Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *