Polri Apps
banner 728x90

Penyelesaian 161 PSN Terbukti Menyerap 11 Juta Tenaga Kerja

Presiden Joko Widodo pada aacara Sewindu Proyek Strategis (PSN) yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (13/9). (Dok; Infopublik)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada Rabu (13/9/2023). Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan pencapaian positif yang telah dicapai oleh pemerintah terkait PSN selama delapan tahun terakhir.

“Dalam delapan tahun terakhir, kita telah menyelesaikan sebanyak 161 Proyek Strategis Nasional yang besar-besar dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 11 juta orang,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan bahwa hadirnya infrastruktur PSN telah signifikan meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat internasional. Peningkatan ini tercermin dalam peringkat daya saing Indonesia dalam Indeks Daya Saing Dunia IMD, yang naik dari peringkat 44 ke peringkat 34 pada tahun 2022.

“Berdasarkan International Institute for Management Development (IMD), pada tahun 2022, kita berada pada peringkat 44. Namun, pada tahun lalu, kita berhasil naik ke peringkat 34. Peningkatan 10 peringkat ini adalah yang tertinggi di dunia, dan salah satunya disebabkan oleh progres pembangunan infrastruktur yang signifikan,” tambah Jokowi.

Jokowi juga memberikan dorongan agar proyek-proyek PSN yang masih berjalan dapat segera diselesaikan, dengan batas waktu paling lambat pada semester pertama tahun 2024. Ia meminta agar timnya melakukan pemeriksaan dan pengawasan yang cermat terhadap perkembangan proyek-proyek tersebut untuk memastikan agar tidak terjadi penundaan atau bahkan penghentian.

“Saya tekankan lagi, proyek-proyek ini harus selesai tepat waktu, dan targetnya harus jelas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi mendorong agar timnya mencari solusi-solusi inovatif dalam mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama pembangunan PSN. Ia juga menekankan pentingnya menjaga pendekatan yang tidak represif terhadap masyarakat, karena PSN bertujuan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

“Saya selalu mengingatkan untuk tidak mengambil tindakan represif terhadap masyarakat. Ganti rugi yang adil akan memberikan kebahagiaan kepada masyarakat. Tujuan utama PSN adalah memberikan manfaat kepada rakyat, bukan sebaliknya,” tegas Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *