Polri Apps
banner 728x90

Kominfo Dukung Tiga Program Prioritas Nasional di 2024

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi. (Dok; Humas Kominfo)

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung tiga program prioritas pembangunan nasional melalui alokasi anggaran sebesar Rp14,84 triliun di tahun 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menkominfo, Budi Arie Setiadi, dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI yang membahas Rencana Kerja Anggaran Kementerian Kominfo. Rapat tersebut berlangsung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2023).

Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa Kementerian Kominfo berperan penting dalam tiga Prioritas Nasional dari tujuh yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020 – 2024.

Prioritas Nasional yang menjadi fokus Kementerian Kominfo adalah meningkatkan sumberdaya manusia berkualitas dan daya saing (Prioritas Nasional ketiga), memperkuat infrastruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar (Prioritas Nasional kelima), serta memperkuat stabilitas polhukam dan transformasi pelayanan publik (Prioritas Nasional ketujuh).

Dalam rapat kerja tersebut, Menkominfo Budi Arie didampingi oleh Wamenkominfo Nezar Patria, Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Inspektur Jenderal Arief Tri Hardiyanto, dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Fadhilah Mathar.

Hadir pula Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Ubaidillah, dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Menteri Budi Arie memaparkan realisasi anggaran untuk tahun 2023 serta Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kementerian Kominfo untuk tahun Anggaran 2024.

Kementerian Kominfo akan berperan dalam empat arah kebijakan RKP Tahun 2024 yang sejalan dengan tema “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.” Keempat arah kebijakan tersebut adalah penguatan daya saing, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas, percepatan pembangunan Ibukota Nusantara, dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Adapun program kerja Kementerian Kominfo meliputi Program Penyediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); Program Pengelolaan Spektrum Frekuensi, Standar Perangkat, dan Layanan Publik; Program Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); Program Komunikasi Publik; dan Program Dukungan Manajemen.

Pada kesempatan pertamanya berinteraksi dengan DPR RI, Menteri Budi Arie juga meminta dukungan Komisi I DPR RI untuk memastikan perencanaan dan pembiayaan yang telah disusun dapat berjalan dengan lancar.

“Agenda percepatan transformasi digital nasional dan suksesnya pelaksanaan Pemilu Damai 2024, yang diharapkan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia,” ujar Budi Arie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *