Jelang Lebaran, BI Kepri Sediakan 1,9 Triliun Uang Pecahan Rupiah

Sesi foto bersama usai pelepasan Armada Mobil Kas Keliling Bank Indonesia Kepri

Batam, Owntalk.co.id – Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri menyiapkan uang kartal Rp 1,9 triliun untuk 7 Kabupaten dan Kota di Kepri melalui kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023. Peluncuran Serambi 2023, Senin (27/3/2023) di halaman Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri, Suyono mengatakan bahwa selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023, kebutuhan uang secara nasional diperkirakan meningkat menjadi sebesar Rp195 triliun, dan terbilang naik 8,22 persen dibandingkan realisasi tahun 2022 yang sebesar Rp180 triliun. 

Dari jumlah tersebut, ada 5.066 kantor bank atau titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh Indonesia, dan terbilang meningkat 8 persen jika dibandingkan tahun 2022 sejumlah 4.689 titik layanan.

Sedangkan untuk wilayah Kepri, Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang kartal sebesar Rp1,9 triliun dan terbilang mengalami peningkatan 11,76 persen dibandingkan realisasi 2022 yang sebesar Rp1,7 triliun. 

“Peningkatan ini adanya asumsi makro dan tren realisasi secara historis. Dan adanya pencabutan encabutan status PPKM oleh pemerintah, sehingga memicu pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, serta peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran diperkirakan mendorong kebutuhan uang kartal lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dalam rangka memastikan kebutuhan uang di Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Indonesia secara nasional menjalankan sebuah rangkaian kegiatan yang disebut dengan SERAMBI 2023 (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri tahun 2023).

“SERAMBI 2023 ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai tiga hal,” sambungnya.

Pertama, pemenuhan kebutuhan uang, dengan menjamin kecukupan kebutuhan uang untuk masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, dan dalam kondisi yang layak edar. 

“BI bekerja sama dengan lembaga perbankan untuk kegiatan penukaran, dengan titik penukaran di 155 titik penukaran uang,” terangnya. 

Kedua, terlaksananya layanan kas. Ketiga, edukasi dan Komunikasi, untuk meningkatkan awareness  masyarakat terkait dengan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah selama bulan Ramadhan.

Pihaknya juga menjelaskan dalam kampanye CBP edisi Ramadhan ini dititikberatkan agar masyarakat bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan maupun dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri. 

Yaitu berbelanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga atau inflasi. 

“Berkaitan dengan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK), BI menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat-tempat penukaran resmi,”tegasnya.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah kepri, Kas Keliling Bank Indonesia, atau pada kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan. 

“Hal itu bertujuan untuk menghindari risiko pengedaran uang palsu dan dapat lebih akurat dalam jumlah uang yang diterima serta tanpa adanya biaya tambahan,” tambah

Pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh BI dan perbankan sudah dapat diperoleh masyarakat mulai tanggal 21 Maret – 20 April 2023. 

Exit mobile version