Integrasi Papua ke NKRI Adalah Anugerah Tuhan

Tangkapan layar - Tokoh pemuda Papua Ali Kabiay dalam webinar bertajuk "The Urgency of Papua in Indonesia-centric Development", yang digelar secara berani, Rabu (22/3/2023). (Dok; ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi).

Jakarta, Owntalk.co.id – Ali Kabiay, seorang tokoh pemuda Papua, menyampaikan pandangan bahwa integrasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan jalan yang harus dijaga oleh seluruh pihak sebagai anugerah Tuhan.

Hal tersebut diungkapkan Ali dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Kamis (23/3/2023). Pernyataan tersebut disampaikan Ali dalam webinar bertajuk “The Urgency of Papua in Indonesia-centric Development” pada Rabu (22/3/2023).

Menurut Ali, kemerdekaan Papua yang diinginkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua bukan merupakan jaminan bagi kesejahteraan masyarakat. Ali juga menilai bahwa yang menginginkan kemerdekaan Papua bukan orang asli Papua (OAP).

Ali mengapresiasi tingginya intensitas kunjungan Presiden Jokowi ke Papua sebagai bukti kecintaan Pemerintah Indonesia terhadap tanah Papua. Ia juga menyoroti fokus Pemerintah dalam melakukan pembangunan di wilayah timur Indonesia, seperti wilayah Ibu Kota Nusantara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Namun, Ali mengecam aksi-aksi KKB yang anarkis, seperti membakar rumah sakit dan pasar, yang justru menghambat pembangunan di Papua, baik secara ekonomi maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Aksi KKB tidak hanya menghambat pembangunan di Papua, tetapi juga menghancurkan pembangunan yang sudah dijalankan oleh Pemeritah Indonesia,” kata Ali.

Oleh karena itu, Ali mengajak media massa untuk memberitakan hal-hal positif tentang Papua dan memberikan pengertian kepada masyarakat luas bahwa KKB tidak hanya menghambat kemajuan di Papua, tetapi juga memerangi masyarakat asal Papua yang menginginkan kemajuan.

“Mari teman-teman media, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk menyuarakan hal-hal positif tentang Papua serta memberikan pengertian kepada masyarakat luas bahwa KKB secara nyata tidak hanya menghambat kemajuan di Papua, tetapi juga memerangi masyarakat asal Papua yang menginginkan kemajuan dan keamanan di Papua,” ujar Ali.

Exit mobile version