Polri Apps
banner 728x90

Menkes Merasa Malu Masyarakat Indonesia Lebih Milih Berobat di Luar Negeri

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan rasa malu atas fakta bahwa masih ada masyarakat Indonesia yang lebih memilih berobat di Malaysia daripada di Indonesia.

Ia merasa sebagai Menteri Kesehatan yang bertanggung jawab, ia gagal jika masih ada masyarakat yang lebih percaya dengan penanganan kesehatan di luar negeri.

Pernyataan tersebut diucapkan oleh Menteri saat merespons curhatan seorang ibu dengan anak pengidap penyakit langka dalam webinar Penyakit Langka 2023 pada tanggal 28 Februari 2023.

Ibu dari anak tersebut menyatakan bahwa ia lebih memilih memeriksakan anaknya ke Malaysia karena alasan kelengkapan fasilitas dan waktu.

Namun, ia kini telah melakukan pengobatan di Indonesia. Menteri Kesehatan mengatakan bahwa seharusnya diagnosis untuk penyakit langka bisa dilakukan di seluruh fasilitas layanan kesehatan Indonesia.

Oleh karena itu, Menteri meminta para jajarannya agar memberikan data yang lengkap mengenai penyakit langka dan memenuhi kebutuhan fasilitas di rumah sakit.

Menteri juga menyatakan bahwa pihaknya akan memperbaiki kurangnya fasilitas kesehatan di Indonesia dan memastikan bahwa alat diagnostik seperti ELISA, GCMS, atau alat lainnya tersedia di setiap ibu kota provinsi.

“Kita akan memperbaiki kurangnya fasilitas kesehatan di Indonesia dan memastikan bahwa alat diagnostik ELISA, GCMS atau alat lainnya tersedia di setiap ibu kota provinsi,” jelas Budi

Budi juga menyinggung masalah terkait kurangnya jumlah Bone marrow transplantation di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Malaysia dan Vietnam.

“Ini sangat memalukan dan saya akan tingkatkan fasilitas kesehatan Indonesia agar masyarakat tidak perlu lagi kell luar negeri untuk mendapatkan pengobatan yang berkualitas,” ungkap Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *