Polri Apps
banner 728x90

Hak Jawab BP Batam Terhadap Berita: “BP Batam Tega ‘Mempermainkan’ Hajat Hidup Orang Banyak”

Logo Badan Pengusahaan (BP) Batam. (Istimewa)

Sehubungan dengan pemberitaan media siber dengan alamat owntalk.co.id pada Selasa, 24 Januari 2023 dengan judul “BP Batam Tega ‘Mempermainkan’ Hajat Hidup Orang Banyak” yang dimuat di laman https:/owntalk.co.id/2023/01124/bp-batam-tega-memperainkan-hajat­ hidup-orang-banyak/ sebagaimana terlampir, bersama ini kami bermaksud menanggapi sekaligus memberikan hak jawab dan klarifikasi terkait dengan pemberitaan dimaksud, sebagai berikut:

Bahwa pada judul pemberitaan yaitu BP Batam Tega ‘Mempermainkan’ Hajat Hidup Orang Banyak” dan isi berita pada:

Paragraf 6:Dua tahap pelelangan pengelolaan air dan memakan waktu dua tahun lebih karena lelang, tampaknya sengaja digagalkan karena tujuan bisnis yang tidak ‘matching’ dengan tujuan pelayanan.

Paragraf 13: Bahkan, sempat tercium aroma ‘bau busuk’ persekongkolan antara BP Batam dengan perusahaan pemenang. ABHU dan ABHI sempat ‘melawan’ pada pesanan sang juragan (baca: pimpinan) BP Batam,karena perburuan rente tidak deal (sepakat).

Paragraf 14:Kepala BP Batam, Muhammad Rudi,diminta ‘mengusir’ Moya.

Paragraf 15: Namun pasca demonstrasi dan ‘serangan’ berbagai media terhadap Moya, tampaknya perusahaan itu memenuhi harapan pimpinan BP Batam dalam ‘deal-deal’ yang disinyalir sebagai bisnis kelas atas.

Paragraf 17: Semua hal, kata Suwito, telah ‘digadaikan’ oleh pimpinan pemerintah dan BP Batam untuk kepentingan bisnis kelas elit.

Atas sejumlah kata dan kalimat di atas, kami sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak berdasar serta dibuat sengaja dan tendensius untuk membangun opini publik yang buruk.

Seharusnya wartawan Indonesia menjalankan kode etik jurnalistik dengan selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.

Terkait dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan penjelasan, sebagai berikut:

  1. Bahwa BP Batam dalam menjalankan proses lelang dari awal hingga pengumuman pemenang lelang kerja sama penyelenggaraan operasi dan pemeliharaan SPAM Batam taat dan patuh terhadap azas hukum dan ketentuan yang berlaku.
  • BP Batam memastikan kondisi ketersediaan air baku di Batam cukup untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat saat ini. BP Batam menyadari air menjadi kebutuhan dasar yang vital bagi makhluk hidup dan muttak harus dipenuhi.
  • BP Batam terus menggesa langkah-langkah peningkatan kapasitas produksi air di Kota Batam, sehingga masyarakat dapat menikmati air lebih maksimal dan merata.
  • Sumber air Batam berasal dari 8 waduk yang tersebar di Pulau Batam, memiliki kapasitas total air baku sebesar 5.052 Lpd dengan kemampuan lnstalasi Pengolahan sebesar 3.610 Lpd. Dengan jumlah penduduk saat ini lebih kurang 1,224,139 juta jiwa, kebutuhan air di Batam untuk tahun 2022 terus meningkat mencapai 3.259 Lpd (liter per detik).
  • Sebanyak 88% masyarakat Batam, telah menikmati air secara optimal, namun selisihnya adalah daerah stress area, ada 23 stress area yang tersebar merata di seluruh pulau Batam yang dibantu dengan pendistribusian air melalui tanki air. Hal ini dikarenakan oleh kondisi topografi atau elevasi mengakibatkan tekanan tidak cukup untuk membawa air sampai ke titik tertentu pada elevasi yang tinggi.
  • BP Batam tengah menyiapkan program-program peningkatan ketahanan air, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Dari sisi kapasitas jaringan tengah dilakukan peremajaan pipa untuk meningkatkan coverage distribusi air hingga ke stress area. SPAM BP Batam bersama PT. Air Batam Hutu dan PT Air Batam Hilir, melakukan penambahan instalasidan perkuatan pipa.
  • Sementara untuk memastikan ketahanan air jangka Panjang, BP Batam akan memaksimalkan kemampuan waduk yang ada untuk menambah pasokan air bagi masyarakat Batam ke depan. Penambahan unit instalasi pengolahan air baru di Mukakuning dengan kapasitas 350 Lpd (saat ini sementara dalam proses pembangunan) dan di tahun ini akan dibangun instalasi baru di Durian9kang sebesar 400 Lpd.
  • BP Batam menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat luas atas terjadinya gangguan suplai air yang tentu menganggu aktivitas warga Batam di sejumlah wilayah. Pimpinan BP Batam langsung melakukan respon dengan membentuk pertemuan dengan jajaran BU SPAM dan PT Air Batam Hulu dan Hilir mengenai langkah pertama yang harus dilakukan untuk menantisipasi permasalahan dan juga distribusi air.

9. BP Batam berharap masyarakat dapat turut membantu pemerintah dalam menjaga daerah tangkapan air dan manajemen pemakaian.air yang tepat bagi ketahanan air ke depan.

Demikian disampaikan, atas perhatian Saudara, diucapkan terima kasih.

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *