Polri Apps
banner 728x90

Kerja Sama Indonesia-China Makin Kokoh 2023

Suasana acara perayaan Tahun Baru Imlek, Jakarta, Sabtu (14/1/2023)

Jakarta, Owntalk.co.id – Duta Besar China untuk Indonesia. Lu Kang, memastikan kerja sama antara China dan Indonesia akan semakin kokoh dalam berbagai bidang pada 2023.

“Hubungan China dan Indonesia berkembang sangat baik pada 2022, khususnya di antara kedua, ketika kedua kepala negara saling berkunjung,” kata Lu Kan, Minggu (15/1//2023).

Pada Juli 2022, Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke China dan pada November 2022, Presiden Xi Jinping datang ke Indonesia untuk mengahadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Pada waktu itu, Indonesia menjadi negara pertama yang di kunjungi Presiden Xi Jinping selepas Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20

“Ini menunjukkan bahwa kunjungan tersebut sangat penting dan berarti,” kata Lu Kang.

China adalah mitra dagang terbesar bagi Indonesia, membawa banyak produk berkualitas sekaligus menjadi tujuan pasar ekspor terbesar Indonesia.

Adapun, kerja sama di bidang kesehatan meliputi penyediaan vaksin Covid-19, dan China mendukung Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki basis produksi vaksinasi mRNA.

Kemudian di bidang transportasi, kedua negara sukses menggelar uji coba pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung yang memangkas durasi perjalanan dari tiga jam menjadi hanya beberapa puluh menit saja.

Sementara itu, lebih dari 300 unit mobil listrik Wuling sukses mendukung Indonesia mengurangi emisi karbon hingga 33 ton selama pelaksanaan KTT G20 di Bali.

KedutaanBesar China juga terus mengoptimalkan kebijakan visanya untuk mendukung pemulihan aktivitas perekonomian kedua negara, dan menerbitkan visa agar ribuan mahasiswa Indonesia dapat menempuh pendidikan di China.

“Selamat tahun baru, saya mengharapkan kesehatan untuk kita semua, kebahagian untuk anda dan keluarga, serta kesuksesan dalam studi dan kerja di tahun yang baru,” katanya.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta pada Sabtu (14/1/2023) dihadiri oleh hampir 200 orang dari beragam bidang, serta menampilkan koloborasi kesenian kedua negara oleh pemuda China dan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *