Polri Apps
banner 728x90

Gempa 5.2 M Kembali Guncang Wilayah Jayapura Papua

Gempa 5.2 M kembali guncang wilayah Jayapura Papua, Selasa (3/1/2023).

Jakarta, Owntalk.co.id – Gempa tercatat di BMKG dengan kekuatan 5.2 M kembali mengguncang wilayah Kota Jayapura, Papupa, Pada Selasa (3/1/2023) pukul 21.55 WIT.

Gempa tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer, pada jarak 33 kilometer Timur Laut Kota Jayapura, Papua. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.27° LS dan 140.65° BT.

Dengan ini, BMKG menghimbau agar hati-hati dengan gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. BMKG juga memberi arahan agar gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat.

Gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas III-IV MMI. Skala intensitas III itu artinya getaran dirasakan nyata didalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Selaanjutnya, skala intensitas IV artinya pada siang hari dirasakan oleh banyak orang yang didalam rumah maupun diluar rumah oleh beberapa orang, gerabag pecah, jendela atau pintu berderit dan dinding berbunyi.

Warga Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura Dhomi Susetyo mengatakan akibat gempa tersebut membuat satu keluarga panik keluar dari rumah.

“Gempanya terasa sekali hingga harus keluar dari rumah, dinding juga sampai bergetar dan air di aquarium hampir tumpah,” kata Dhomi, Selasa (3/1/2023).

Hal serupa juga dikatakan oleh Sulis. “Panik tadi lari keluar rumah karena terasa sekali, semoga tidak ada gempa susulan lag,” ungkapnya.

Namun, untuk sampai saat ini belum ada kepastian mengenai kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *