Polri Apps
banner 728x90

Merga Silima Kota Batam Sambut Kehadiran Tabana Bangun

Brigjen Pol Tabana Bangun (Kapolda Kepri yang baru) dan Thomas Arihta Sembiring (Ketua Paguyuban Merga Silima Kota Batam). (Owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Paguyuban Merga Silima Kota Batam menyambut hangat kehadiran Brigjen Polisi Tabana Bangun yang akan menjalankan tugasnya sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sambutan itu disampaikan menyusul pengumuman Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Tabana sebagai Kapolda baru di Kepri beberapa waktu lalu.

”Setelah mendengar Kapolri menugaskan Brigjen Tabana Bangun menjadi Kapolda di Kepri, semua warga Merga Silima di Kota Batam menyatakan gembira, dan siap menerima kehadiran beliau (Tabana) dalam komunitas keluarga besar Merga Silima. Kami harapkan kehadirannya memberi inspirasi buat keluarga besar yang ada di Batam,” kata Ketua Paguyuban Merga Silima Kota Batam, Thomas Arihta Sembiring, kepada Owntalk.co.id, Rabu, 28/12/2022.

Thomas Arihta Sembiring yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), memimpin paguyuban Merga Silima, yakni masyarakat Suku Karo yang ada di Kota Batam. Warga masyarakat yang tergabung dalam paguyuban Merga Silima di Kota Batam cukup diperhitungkan karena aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Merga Silima Kota Batam, menurut Thomas Arihta, telah menjalin hubungan erat dengan Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman. Hubungan baik itu, katanya, akan terus dipelihara, terkhusus Tabana Bangun merupakan anggota keluarga besar Merga Silima. ”Kami terus mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergitas yang telah terbangun secara harmonis selama ini, untuk terus bergandengan tangan bersama sama membangun Batam yang lebih baik,” kata Thomas Arihta.

Sosok Tabana Bangun, kata Thomas Arihta, sudah dikenal baik oleh sebagian kalangan paguyuban Merga Silima. Sebelumnya Tabana Bangun bertugas di Provinsi Riau sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau. ”Keluarga kami di kampung masih sangat dekat, sehingga komunikasi terus terjalin. Dengan penugasan beliau (Tabana) di Kepri, warga Sumut yang ada di Batam dan Kepri dapat membantu tugas sosialisasi berbagai kebijakan pengamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Thomas Arihta.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari lalu Kapolri mengumumkan mutasi di tingkat perwira Kepolisian RI di tanah air. Salah satu adalah Irjen Tabana Bangun. Ia jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1988, atau lebih senior dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lulusan Akpol 1991. Pengangkatan Kapolda Kepri itu tertuang dalam TR Nomor ST/2775/XI/KEP?2022 tertanggal 23 Desember 2022.

Dengan pengangkatan itu, Brigjen Pol Tabana Bangun akan segera menerima kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi. Ia akan menerima tugas dan menggantikan posisi Irjen Aris Budiman. Selama ini, Tabana Bangun dikenal sebagai polisi yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan Polri. Dia pernah mendapat jabatan sebagai Direktur Akademik Akademi Kepolisian, pada 2015-2018.

Berikut biodata singkat Tabana Bangun:
Nama lengkap: Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi
Tanggal lahir: 1 Januari 1966
Pendidikan: Lulusan Akpol 1988
Jabatan terbaru: Kapolda Kepri
Jabatan sebelumnya: Wakapolda Riau
Istri: dr Imelda Sinulingga
Anak: Steven Bangun dan Frederich Bangun

Tabana Bangun pernah menduduki sejumlah posisi penting di institusi Polri, seperti:

  1. Kapolres Tabanan
  2. Kapolresta Madiun
  3. Wakapolwil Malang
  4. Kabag Kermalugri Robangpers SDE SDM Polri
  5. Karo Pers Polda Bengkulu
  6. Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra SSDM Polri
  7. Karo SDM Polda Sumut
  8. Direktur Akademik Akpol
  9. Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri
  10. Wakapolda Sulawesi Utara
  11. Wakapolda Riau
  12. Kapolda Kepulauan Riau. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *