Polri Apps
banner 728x90

KRI BALADAU Amankan Kapal MT World Progress Bermuatan CPO

Karimun, Owntalk.co.id – KRI BELADAU -643 salah satu unsur dibawah Komando Armada RI 1 melaksanakan penghentian pemeriksaan dan penahanan terhadap kapal MT. World Progress berbendera Liberia yang membawa turunan CPO sebanyak 34.854, MT, 13/05/2022.

Berdasarkan dugaan awal adanya ketidak sesuaian data pada dokumen kapal dan beberapa buku pelaut telah habis masa berlaku MT. World Progress dikawal kepangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun untuk dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut.

Pangkoarmada 1 Laksda TNI Arsyad Abdullah SE. M.A.P mengatakan terkait dengan Kapal Tengker World Progress yang ditangkap oleh KRI BALADU pada tanggal 27 April 2022 dan diserahkan pada Lanal Tanjung Balai Karimun 30 April 2022.

“Kini telah dilaksanakan penyelidikan lanjutan oleh Lanal Tanjung Balai Karimun berdasarkan dugaan awal pelanggaran yang didapatkan KRI BALADU,” katanya

Arsyad melanjutkan setelah dilaksanakan penyelidikan ternyata sangkahan dari KRI tidak dapat dibuktikan karena ada sedikit mis komunikasi pada saat itu.

“Pada saat pemeriksaan Nahkoda kurang koperatip sehingga dokumen yang kita minta tidak ditunjukkan dokumen yang sebenarnya yang ditunjukkan dokumen yang lama sehingga pemeriksaan dari KRI ada perbedaan,” ujarnya

Arsyad menjelaskan namun dengan komunikasi yang baik TNI Lanal dengan pihak terkait sehingga kita dapat dokumen sebenarnya dan ternyata dokumen tersebut ada dan lengkap.

“Dokumennya sesuai dengan catatan dan saya datang kemari untuk menyampaikan bahwa kapal ini setelah dilakukan penyelidikan tidak cukup bukti sehingga kapal ini harus dilepas,” jelasnya (koko)