Polri Apps
banner 728x90

Safari Ramadan di Sukajadi Batam, Ansar : Masjid Adalah Jantungnya Umat

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepulauan Riu H. Ansar Ahmad didampingi jajaran staf khusus dan kepala OPD dilingkungan Pemprov Kepri melakukan safari Ramadan di perumahan Bukit Indah Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Selasa (12/4).

Dalam kesempatan ini Gubernur Ansar menyampikan bahwa masjid merupakan jantungnya umat Islam. Tidak hanya menjadi tempat ibadah sebagai fungsi utamanya, tetapi juga tempat mendidik kader, tempat menimba ilmu, tempat membangun ukhuwah dan sebagainya.

Menurut Ansar, tugas umat Islam dimanapun berada untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Dan tahun ini melalui Pemerintah Provinsi Kepri aliran dana untuk tempat ibadah diseluruh Kepri diterjunkan dengan dan sebesar Rp78 miliar.

“Kita semua sebagai umat muslim, punya tugas masing-masing untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada. Karena masjid adalah jantungnya umat, maka kitalah yang bertanggung jawab untuk merawat, mempercantik dan memakmurkannya,” kata Ansar Ahmad.

Tidak ketinggalan dalam kesempatan ini, selaku pemegang kebijakan di Pemerintah Provinsi Kepri, Gubernur Ansar juga menyampaikan terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kepulauan Riau. Dalam upaya pemulihan ekonomi di Kepri, sektor UMKM adalah sektor vital yang perlu diperhatikan.

Lanjut Ansar, selama pandemi banyak pelaku UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tak sanggup survive. Adapun paska pandemi, para pelaku UMKM mencoba untuk merintis kembali usahanya. Hanya saja tak jarang yang mengeluh karena keterbatasan modal.

“Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri telah menggulirkan program pinjaman lunak bagi pelaku UMKM dengan bunga 0 persen. Bunga pinjamannya disubsidi sepenuhnya oleh Pemerintah,” ujar Gubernur Ansar.

Ansa berharap program ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang benar-benar ingin merintis usahanya kembali paska pandemi. Dan kebijakan Pemrintah Provinsi Kepri memberi subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM tersebut merupakan langkah upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

“Banyak langkah-langkah yang kita lakukan untuk pemulihan ekonomi Kepri dan sektor UMKM ini menjadi salah satunya,” kata Ansar.

Adapun soal pembangunan infrastruktur, Gubernur Ansar juga menyampaikan jika Pemerintah Provinsi Kepri sedang menggesa beberapa program pembangunan diseluruh Kepri. Salah satunya di Kota Batam seperti pembangunan sarana pendidikan SMA/SMK, pembangunan jalan simpang Frengki, pembangunan jembatan Batam-Bintan sebagai New engine-nya perekonomian masyarakat Batam dan masyarakat Bintan.

“Untuk itu semua Pemerintah Provinsi Kepri butuh kolaborasi seluruh masyarakat Kepri tanpa terkecuali. Begitu juga Pemerintah kabupaten dan kota agar bersinergi, punya semangat yang in line. Tidak hanya menurunkan kebijakan-kebijakan Pemprov Kepri, tapi juga menurunkan kebijakan Pemerintah Pusat. InsyaAllah jika kita kompak dan bersatu padu, pemulihan ekonomi di Kepri bisa segera kita wujudkan,” pungkas Ansar