Polri Apps
banner 728x90

Kantor Berita Owntalk Dukung APJII Bangun Infrastruktur Kepri-IX

Foto : Ketua APJII Kepri, Donal Pangihutan menyerahkan buku tentang APJII ke CEO Kantor Berita Owntalk, Anwar Anas.

Batam, Owntalk.co.id – Paska terpilih menjadi ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Provinsi Kepri, Donal Pangihutan bersama beberapa formatur terpilih menyambangi kantor Berita Owntalk, Rabu, (12/1).

Dikantor Berita Owntalk, Donal menceritakan beberapa rencana program kerjanya untuk beberapa waktu yang akan datang. Yang paling menarik adalah rencana APJII Kepri untuk membangun  infrastruktur dan ekosistem digital di Kepri berupa Kepri-IX (Kepri Inter Exchange) untuk mendukung transformasi digital nasional.

Donal menyebutkan jika Kepri-IX ini nantinya akan membuat jalur traffic internet menjadi lebih efisien, sehingga warga di Kepri akan mendapatkan akses internet dengan lebih cepat dan lebih murah.

“Dengan terbentuknya ekosistem yang lebih baik ini, maka semakin besar kemanfaatan bersama yang bisa kita raih,” ucap dia.

Lebih lanjut, Donal memaparkan manfaat dari Kepri-IX itu akan terdapat juga peluang untuk kerja sama dalam hal platform serta vertical apps serta konten-konten kearifan lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang selama ini belum tersentuh oleh digitalisasi.

Selain menyediakan konektivitas yang cepat, nantinya Kepri-IX ini juga akan mendukung lahirnya platform dan vertical apps yang dapat dikolaborasikan bersama pelaku UKM, pelaku bisnis digital dan semua warga internet Kepri.

“Saat ini, banyak UMKM di Kepri melakukan aktifitas perdagangan online melalui aplikasi Facebook, Instagram, dan Whatsapp. Kolaborasi APJII akan mendorong pembangunan platform-platform horizontal Indonesia berbasiskan komputasi lokal agar kedepan kita mampu independen secara teknologi serta memanfaatkan Big Data untuk mendorong terbentuknya opportunity baru,” jelas Donal

Menanggapi itu, Pimpinan Kantor Berita Owntalk Anwar Anas sangat mengapresiasi keinginan APJII untuk mendukung independensi Kepri memiliki infrastruktur pengelolaan data sendiri. Dia berharap, sebagai kota bertaraf internasional, Batam harusnya dapat mengakses internet secara cepat dan murah.

“Kalau kita sudah punya infrastruktur sendiri di Kepri, kami rasa pengguna internet tak akan lagi merasakan jaringan internet yang lelet (buffering) dan mahal. Kita harusnya sudah bisa menikmati kualitas internet yang murah dan cepat,” tutup dia.