Kelebihan Kapasitas Hingga Memicu Kebakaran Maut, Yasonna Laoly Didesak Mundur

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, menanggapi permasalahan kebakaran Lembaga Permasyarakat (Lapas) Kelas I Tanggerangyang menimbulkan banyak korban jiwa.

Ia menilai Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly tidak mampu mengatakasi permasalahan kelebihan kapasitas di Lapas tersebut.

Akibat dari kelebihan kapasitas di Lapas tersebut, peristiwa kebakaran itu menimbulkan banyak korban jiwa.

Diantaranya sebanyak 41 narapidana meninggal dunia dan hingga kini diketahui puluhan lainnya mengalami luka ringan hingga berat. Atas hal itu, Usman pun mendesak Yasonna Laoly untuk mundur dari jabatannya.

“Ini masalah serius hak asasi manusia banyak orang, terutama mereka yang menjadi korban dan yang kini masih berada dalam penjaga yang sesak. Sudah selayaknya Menkumham dan Dirjen Lapas mundur dari jabatan mereka,” kata Usman.

Menurut Usman langkah strategi yang perlu pemerintah lakukan terkait permasalahan penuhnya tahanan di sejumlah Lapas ialah, dengan mengubah orientasi politik dalam hal kebijakan menangani kejahatan ringan.

Tidak hanya itu pelanggaran ringan seperti menyampaikan aspirasi di media sosial yang dianggap melanggar hukum pidana juga tidak perlu langsung dilakukan pemenjaraan.

Baca Juga :

“Penahanan dan pemenjaraan orang hanya karena mengekpresikan pendapatnya secara damai tidak dapat dibenarkan dalam situasi apapun.” ungkapnya,

Selain itu kembali mengingat permasalahan kebakaran di Lapas, pemerintah harus bertanggung jawan dan segera mengusut apa sebab kebakaran tersebut dan memastikan semua hak korban terpenuhi.

  • Bagikan