Satlantas Polres Wonogiri Lakukan Penyekatan di Perbatasan, Fokus Sosialisasi Aplikasi Peduli Lindungi

Berita Terkini Batam

Wonogiri, Owntalk.co.id – Polres Wonogiri, Jawa Tengah fokus melakukan edukasi terkait protokol kesehatan kepada pengguna jalan di jalur perbatasan Wonogiri – Wonosari, Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) atau sepanjang Jalan Pracimantoro.

Hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Polda Jateng untuk melakukan penyekatan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu di jalur perbatasan-perbatasan. 

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto menjelaskan, penyekatan di jalur perbatasan Wonogiri – Yogjakarta sifatnya edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Langkah ini merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan penyebaran Covid -19 yang saat ini telah menunjukan hal positif, ” ujar Marwanto dalam keterangan nya, Minggu (29/8/2021). 

Mantan Kanit Regident Polresta Surakarta itu menyampaikan, kegiatan penyekatan tersebut sasaran nya bukan dalam hal penindakan, tapi lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat, dan kita lakukan pengecekan handphone kepada para pengendara, apakah mereka sudah mendownload aplikasi PeduliLindungi.

“Seperti diketahui, aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah untuk melakukan pelacakan dan penghentian penyebaran Covid-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan. ” terang AKP Marwanto. 

Baca Juga :

Tambahan informasi, Polres Wonogiri Juga melakukan swab antigen ditempat secara acak kepada pengendara yang melewati di jalur Pracimantoro dan hasil dari para pengendara semuanya dinyatakan negatif.

Lebih lanjut, Kasatlantas Wonogiri  menambahkan, “Adapun dalam penyekatan tersebut tidak diberlakukan tindakan putar balik kendaraan yang melintas di jalur perbatasan. Di perbatasan kita penyekatan tapi edukasi juga kepada masyarakat dan kita kemas pembagian masker serta imbauan prokes, 5M sambil sosialisasi PeduliLindungi dan vaksinasi.

Kami juga mensosialisasikan aplikasi untuk para pengendara R2 dan R4 serta pengguna jalan yang melintas di perbatasan wilayah Wonogiri-Yogjakarta untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi. 

“Setelah dilakukan vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua, semuanya bisa mengakses aplikasi tersebut sehingga saat berpergian ke beberapa lokasi bisa menunjukkan aplikasi tersebut, “pungkas Marwanto. (Sar) 

Exit mobile version