Pengabdian Mahasiswa Unri di Kelurahan Simpang Empat Melalui Program Kukerta Balek Kampung 2021

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Batam, Owntalk.co.id – Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau merupakan perwujudan salah satu Dharma Perguruan Tinggi yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 ayat 2 yaitu penyelenggaraan pengalaman kepada masyarakat.

Tujuan dari pelaksanaan Kukerta dalam rangka memberikan pengalaman kepada mahasiswa bersosialisasi dan menerapkan ilmu yang didapatkan di perkuliahan secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan Kukerta kali ini dibimbing oleh Dosen Universitas Riau Bapak Drs. Endang Sutrisna, M.Si sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, di Kelurahan Simpang Empat, Pekanbaru

Jumlah mahasiswa sebanyak 10 orang berasal dari 5 fakultas diantaranya fakultas perikanan dan kelautan, fakultas teknik, fakultas ekonomi bisnis, fakultas ilmu sosial dan politik serta fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

Tim Kukerta diketuai oleh Brilliant Yosef P yang telah menyelesaikan beban SKS sesuai dengan ketentuan Universitas Riau.

Penerimaan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021 pukul 10.30 WIB oleh Bapak Lurah Ilham Novlind, S.STP, dilaksanakan secara simbolik dan dihadiri oleh masyarakat sekitar.

Dosen pembimbing lapangan memberikan kata sambutan dalam acara penyerahan mahasiswa kukerta yang berkaitan dengan program kerja yang akan dilaksanakan di Kelurahan Simpang Empat dan pengenalan akan Kukerta Balek Kampung.

Beliau menyampaikan, “Selamat mengabdi kepada masyarakat, Mahasiswa/i Kukerta Balek Kampung 2021. Tetap jaga sikap yang menunjukkan integritas mahasiswa/i Universitas Riau”.

Baca Juga :

Salah satu program yang akan dilakukan yaitu mengenai Penerapan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber). Program tersebut melibatkan mahasiswa kukerta dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kata sambutan juga disampaikan oleh pihak Kelurahan oleh Bapak Lurah Ilham Novlindo, S.STP, “Saya selaku Lurah Simpang Empat menyambut dengan terbuka kedatangan mahasiswa KKN dari Universitas Riau. Dan rasa terima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN dari Universitas Riau di Kelurahan Simpang Empat karena akan sangat membantu dalam berbagai hal, baik dalam administrasi kantor dan pelayanan masyarakat di Kelurahan Simpang Empat. Terakhir saya berpesan untuk terus jaga semangat, kekompakkan dan sikapnya di masyarakat maupun di lingkungan kelurahan Simpang Empat. “

Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan memakai hand sanitizer.

Brilliant selaku ketua kelompok menyampaikan “Kukerta balek kampung ini menjadi momentum mahasiswa Unri untuk terjun langsung dan mengabdi ke masyarakat. Tetap jaga protokol kesehatan dan kekompakkan untuk kita ke depannya”

  • Bagikan