Polri Apps
banner 728x90
Tips  

Indra Penciuman Hilang Saat Derita Corona? Latih Dengan Cara Ini!

Berita Terkini Batam

Salah satu keluhan yang sangat umum dialami oleh pasien covid-19 ialah hilang indra penciuman atau anosmia. Keluhan ini kerap kali membuat tidak nyaman dan juga membuat nafsu makan menurun karena kemampuan mengecap yang juga terganggu.

Namun umumnya, kasus anosmia ini hanya bersifat sementara dan bisa hilang dengan sendirinya dengan cara melatih indra penciuman.

Melalui latihan indra penciuman disebutkan dapat membantu memulihkan kemampuan indra penciuman dan pengecap.

“Latihan itu namanya smell training. Bermanfaat untuk membantu kemampuan indra pulih kembali,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dr Tonang Dwi Ardyanto

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk melatih indra penciuman;

1.Hirup aroma minyak kayu putih

Dalam pengobatan anosmia, minyak kayu putih merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk melatih indra penciuman.

Penggunaan minyak kayu putih ini dilakukan dengan cara mengendus berulang kali selama 30 detik. Trik ini bisa dilakukan selama 2 kali dalam seminggu

Tidak hanya minyak kayu putih, berbagai makanan yang mengeluarkan bau yang khas juga dipercaya bisa membantu untuk melatih indra penciuman untuk kembali mengenali rasa dan bau

2.Minum Lemon

Rasa asam yang bersumber dari buah lemon bisa dicoba untuk melatih indra perasa dan penciuman. Air lemon bisa dikonsumsi dengan campuran madu atau diseduh dengan teh hangat agar lebih nyaman dikonsumsi.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dari lemon juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki aroma menyengat dipercaya bisa untuk membantu memulihkan anosmia secara perlahan, karena bawang putih memiliki anti inflamasi dan antibakteri yang dapat membersihkan saluran hidung dan melegakan pernapasan.

Selain itu, asam ricinoleic yang merupakan zat penyusun aktif bawang putih diketahui dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam saluran hidung.

Untuk mengkonsumsinya, hancurkan 4-5 siung bawang putih kemudian masak dengan air mendidih. Larutan ini bisa diminum sebanyak 2 kali sehari

  1. Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki kandungan aktif gingerol yang mengeluarkan rasa dan bau yang kuat. Efek dari kandungan ini bisa membantu merangsang indra perasa dan penciuman para pengidap anosmia.

Tak hanya itu, Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

Potongan dari jahe ini bisa langsung dikonsumsi atau bisa diseduh menjadi teh untuk melatih indra penciuman secara perlahan.