Nekat Palsukan Surat Rapid Test Antigen, Wanita Ini Berakhir di Bui

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri berhasil mengamankan satu orang tersangka yang melakukan pemalsuan surat Rapid Test Antigen. Pelaku nekat memalsukan surat tersebut untuk dipakai oleh salah seorang yang ingin melamar kerja di supermarket, Senin (28/06/2021). 

Pelaku berinisial DSH (36), memalsukan surat rapid test antigen tersebut dengan cara memakai KOP dan Cap Stempel salah satu klinik kesehatan di Batam. 

Kasubbid Mulmed Bidhumas Polda Kepri AKBP Surya Iswandar menuturkan, pelaku merupakan penanggung jawab di PT AMK cabang Batam yang berada di DC Mall. 

“Tersangka inisial DSA merupakan penanggung jawab di sebuah perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing,” ungkapnya.

Lanjut Surya, adapun modus yang dilakukan pelaku ialah dengan menggunakan alat-alat kantor PT AMK dan menggunakan kap surat dan cap stempel.

“Surat rapid test digunakan untuk melamar kerja sebagai Sales Promotion Girl di Supermarket. Pelaku juga mencantumkan nama klinik yang dirugikan,” jelasnya. 

Surya juga menambahkan, pelaku mengaku sudah melakukan tindak pidana ini sebanyak 20 kali, dan pelaku juga sudah bekerja di PT AMK selama 2 (dua) tahun.

“Setelah berhasil disalurkan, berkas asli yang dibikinnya ini langsung disalurkan ke kantor pusat di Surabaya. Sementara kantor pusat tidak mengetahui bahwa surat rapit test itu palsu. Pelaku mulai menjalankan aksinya sejak pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni,” tutupnya. 

Baca Juga :

Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti yang diamankan adalah 1 unit Laptop, 1 unit Mouse, 1 unit Keyboard, 1 buh name tag, 2 buah cap Stempel klinik dan dokter, 1 unit printer, 1 unit scanner, 4 lembar surat rapid test antigen yang diduga palsu dan 1 Lembar surat rapid test antigen asli dari klinik yang dipalsukan. 

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 263 ayat (1) KUHPidana tentang pemalsuan surat-surat dengan ancaman hukuman 6 (enam) tahun penjara. (Haykal)

  • Bagikan