Polri Apps
banner 728x90

[Profil] – Bali Dalo SH, Pengacara Ternama Kepri Asal Waiburak

Profil Bali Dalo
Bali Dalo, SH Kisah perantau asal Waiburak yang sukses menjadi pengacara ternama di Kepri. (Foto : Julio/Owntalk)

Bali kemudian pergi merantau ke Batam setelah mendapatkan gelar Sarjana Hukum (SH) nya di Universitas Nusa Cendana. Pekerjaan pertama kali yang digeluti Bali setelah sampai di Batam adalah sebagai tukang ojek untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari sebagai perantau. Dirinya yang kala itu tak memiliki motor untuk ngojek terpaksa menyewa motor yang dibayar satu bulan sekali sebanyak Rp. 75 Ribu. Beruntungnya, Bali dapat menarik penumpang dahulu baru membayar uang sewa. Hal itu bertentangan dengan prinsip penyewaan motor masa itu, dimana penyewa wajib membayar uang sewa baru diperbolehkan memakai motor. Hal itu tak berlaku bagi Bali muda dikarenakan kejujurannya yang membuat si penyewa percaya kepada dirinya. Bali menjalani profesi sebagai tukang ojek selama satu tahun lamanya.

“Pekerjaan saya di Batam ini pertama kali jadi tukang ojek dan itu berlangsung selama satu tahun. Saya ngojek dulu di Puja Bahari dan Puja Sera itu,” tutur Bali.

Bali kemudian melanjutkan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Pekanbaru, Riau selama dua bulan. Pada tahun 2003, dirinya baru menerima Surat Keputusan (SK) dan resmi menjabat sebagai pengacara di kota Batam. Hingga saat ini pun, Bali masih beprofesi sebagai pengacara dan memiliki kantor nya sendiri, Bali Dalo. S.H & Rekan. Selama menjabat sebagai pengacara, Bali juga tercatat memiliki pekerjaan sampingan lain, seperti menjadi Direktur di PT. Sintai Industri Shipyard, Pimpinan Yayasan Sekolah Permata Harapan, Batam, Ketua DPC Peradi Batam untuk PKPA, Pengacara di Otorita Batam (BP Batam), Pengacara di PT. Dharma Kemas Berganda dan Ketua Yayasan di STMIK Gici Batam.

Selain aktif diberbagai organisasi sewaktu sekolah dulu, ternyata Bali hingga saat ini masih aktif di berbagai organisasi yang berada di Batam, Kepulauan Riau. Beberapa organisasi yang pernah ia ikuti adalah menjadi sekretaris di Partai Hanura, ketua dewan pakar partai Nasdem, anggota dewan pertimbangan Nasdem dan ketua harian perkumpulan keluarga Nusa Tenggara Timur (PKNTT).

Bali yang kini memiliki dua orang anak perempuan, ingin salah satu dari anaknya untuk mengikuti jejaknya. Berhubung sang kakak yang telah mengambil jurusan sastra Inggris serta tak memiliki minat didunia hukum, Bali kini tengah mempersiapkan dan memotivasi anak bungsu nya untuk terjun kedunia hukum mengikuti jejak karir nya.

“Hal ini jadi pertanyaan untuk banyak orang. Ada tidak yang mewarisi jejak saya. Nah oleh karena itu, saya sedang memotivasi anak saya yang paling kecil untuk kelak setelah tamat SMA masuk kuliah jurusan Hukum. Sementara dari dia sendiri emang ada minatnya untuk masuk jurusan itu,” jelas Bali mengenai nasib anaknya kedepan.

Itu lah sepenggal cerita dari Bali Dalo yang berprofesi sebagai Pengacara kurang lebih selama dua puluh tahun. Profesi ini lah yang membuat dirinya dikenal oleh masyarakat Batam hingga saat ini. Nilai kejujuran yang Bali pegang teguh dari dulu hingga sekarang, ia terapkan pada pekerjaannya. Cerita terakhir, tenyata seorang pengecara sukses seperti Bali Dalo memiliki keinginan untuk dapat mempunyai mobil carry namun belum kesampaian. Bukan Carry yang ia dapat melainkan Fortuner sekarang yang ia tunggangi.

“Jangan berpikir tentang apa yang orang lain pikirkan, karena orang lain belum tentu berpikiran sama seperti yang kita pikirkan. Lakukanlah apa yang terbaik menurutmu,” – Bali Dalo, 2021.

Riwayat Pendidikan:

  • SD N Waiburak, Flores
  • SMP N 01 Lamahala, Flores
  • SMA N 01 Tarakan, Kalimantan Timur
  • Universitas Nusa Cendana, NTT

Riwayat Organisasi:

  • Sekretaris Partai Politik Hanura
  • Ketua Dewan Pakar Partai Nasdem Provinsi Kepri
  • Anggota Dewan Pertimbangan Nasdem (Sekarang)
  • Ketua Harian Perkumpulan Keluarga Nusa Tenggata Timur (PKNTT)

Riwayat Pekerjaan:

  • Direktur PT. Sintai Industri Shipyard
  • Pengacara
  • Pimpinan Yayasan Sekolah Permata Harapan, Batam
  • Ketua DPC Peradi Batam
  • Pengacara Otorita Batam
  • Pengacara PT. Dharma Kemas Berganda
  • Ketua Yayasan STMIK Gici Batam

Ditulis Oleh: Juni Zarlina