Polri Apps
banner 728x90
Tekno  

Dorong Penggunaan Internet Ciptakan Ruang Kreatif dan Produktivitas

Jakarta, Owntalk.co.id – Pandemi Covid-19 “memaksa” pertumbuhan jasa internet atau teknologi digital semakin pesat dari tahun sebelumnya. Peluang tersebut harus dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna informasi teknologi di Indonesia untuk mendorong kegiatan-kegiatan kreatif dan produktif di ruang digital.

Sebelum pandemi melanda tanah air, jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat secara signifikan. Indonesia masuk sebagai peringkat keempat pemakai internet terbesar di dunia. Tercatat sampai 2020, jumlah total pengguna internet di tanah air telah mencapai 196,7 juta orang. Dipastikan pada 2022 menembus 200 juta.

Di masa pandemi akibat kebijakan belajar dan bekerja dari rumah membuat lonjakan penggunaan platform digital sampai 433 persen. Termasuk lompatan pemanfaatan transaksi keuangan digital.

“Tanpa disadari hal ini memunculkan adaptasi atau transformasi digital bagi masyarakat Indonesia berjalan lebih cepat,” ujar Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Henry Subiakto, pada Webinar Merajut Nusantara: Optimalisasi Teknologi Digital di Masa Pandemi pada Jumat (19/3/2021). Webinar ini disiarkan secara virtual dari Langsa, Aceh Timur.

Merujuk pada laporan e-Conomy SEA 2020 yang diterbitkan Google, Temasek, dan Bain & Company, awal November 2020, nilai ekonomi berbasis internet negara-negara di Asia Tenggara mencapai USD105 miliar atau sekira Rp1.470 triliun (kurs rupiah per dolar Rp14.000) pada 2020.

Sebanyak USD44 miliar atau Rp616 triliun di antaranya disumbang Indonesia. Adapun nilai ekonomi digital di Indonesia diperkirakan tumbuh 11 persen dibandingkan tahun lalu, sementara Vietnam 16 persen. Proyeksi nilai ekonomi tersebut berdasarkan transaksi bruto (gross merchandise value/GMV) lima sektor, yakni e-commerce, berbagi tumpangan (ride-hailing), dan pesan-antar makanan, media digital, online travel, serta finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *