Polri Apps
banner 728x90

Dibuka Hari ini, Baca Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13
Ilustrasi Kartu Prakerja. (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Pemerintah mengumumkan pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka pada hari ini. Kamis, (4/3/2021). Program ini di klaim akan menjaring lebih dari 600 ribu peserta.

Program Kartu Prakerja merupakan janji kampanye Presiden Jokowi yang diperuntukan kepada masyrakat Indonesia yang sedang menganggur, korban PHK dan pelaku usaha mikro.

Peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta setelah selesai mengikuti program pelatihan dari Prakerja.

Nah, untuk kamu yang mau daftar prohram pemerintah yang satu ini, kamu harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas
  2. Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  4. Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya. Jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang
  5. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD
  6. Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Setelah memenuhi syarat tersebut, peserta harus mengikuti tata cara pendaftaran. Untuk diketahui, program Kartu Prakerja saat ini hanya dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Proses Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Prosesnya, pertama, peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar akun dan login ke akun, peserta akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.

Kedua, setelah lolos verifikasi NIK, peserta di minta untuk melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta di minta untuk melakukan verifikasi nomor handphone.

Ketiga, peserta di minta untuk mengisi sejumlah pernyataan. Keempat, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini di lakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang di miliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan di evaluasi oleh pihak PMO.

Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Keempat, pengumuman peserta yang di terima. Kelima, peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja.Kemudian, peserta mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan.

Pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program Kartu Prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di info@prakerja.go.id. Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *