Gubernur Sumut Lantik Walkot dan Wakil Walkot Tanjung Balai di Medan

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Tanjung Balai, Owntalk.co.id – Seluruh kepala daerah terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) di aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubernur Sumut, Medan, Jumat (26/2/2021).

Melalui sambungan virtual, salah satu kepala daerah yang turut dilantik pada sesi pertama adalah Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai, M Syahrial dan Waris.

M Syahrial dan Waris dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Balai untuk masa jabatan 2021 – 2024.

Hal tersebut sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak di kabupaten dan kota pada Provinsi Sumut.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan sekaligus pemasangan tanda jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Akan memenuhi kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan selanjutnya menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat menyampaikan sumpah jabatan yang diikuti oleh seluruh kepala daerah.

Ia juga meminta agar kepala daerah yang dilantik dapat menjalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya demi mensejahterakan rakyat.

“Saya dan rekan-rekan saudara sekalian terjun langsung dalam mengelola tata kelola pemerintahan yang begitu rumit. Politik adalah jalan untuk membangun kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Kemudian, ia berharap agar visi misi kepala daerah harus sesuai dengan visi misi Pemerintah Provinsi dan Pusat.

“Contoh, Gubernur Sumatera Utara, saya punya Presiden, visi saya tak boleh keluar dari visi Presiden,” tegasnya.

Menurutnya, seorang kepala daerah harus mampu loyal kepada pimpinan diatasnya.

“Pelantikan pada hari ini merupakan momentum untuk melaksanakan amanah rakyat dalam rangka membangun daerah demi kesejahteraan rakyat. Berjuanglah demi kepentingan rakyat dan bekerjalah secara jujur,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada kepala daerah yang baru dilantik agar segera melakukan konsolidasi dan koordinasi dalam merealisasikan visi dan misi pada Pilkada serentak tahun 2020 yang lalu.

“Kepada kepala daerah yang baru dilantik agar segera merealisasikan program-program yang yang diusung dan implementasinya harus sejalan dengan program-program dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

(Bolon)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *