Polri Apps
banner 728x90

Pemuda Lintas Aliansi Gotong-Royong Renovasi Masjid Nurul Islah Mangun Harjo Batam

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Beberapa aliansi kepemudaan lintas agama dan paguyuban, terlibat dalam kegiatan gotong royong bersama, merenovasi Masjid Nurul Islah Mangun Harjo, bertempat di Pinggir jalan Trans Barelang, Jembatan satu, Sabtu (20/2).

Kegiatan yang digagas oleh Banser/Ansor PAC Sagulung dengan tagar Ansor Peduli ini, mendapat sambutan luar biasa dari beberapa aliansi kepemudaan antara lain Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang Sagulung Batam, Pemuda Ende Lio Kota Batam, juga rekan-rekan Banser IPNU Sei Beduk Batam, yang bukan saja menyalurkan sumbangan dalam bentuk materil, tetapi juga menerjunkan personelnya untuk terlibat langsung dalam gotong royong bersama.

Pantauan team reportase di lapangan, Pemuda Katolik Komac Sagulung dan Pemuda Ende Lio Kota Batam hadir di lokasi sekitar pukul 09.00 wib bersamaan dengan Banser IPNU Sei Beduk dengan membawa serta bantuan material berupa semen yang diserahkan secara langsung ke pengurus Masjid Nurul Islah.

“Bantuan material semen ini, berkat sumbangsih dari Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tj. Balai Karimun yang menitipkan bantuannya berupa uang, serta kontribusi sukarela dari beberapa Pemuda Katolik dan Ende Lio Kota Batam, yang kemudian dibelanjakan dalam bentuk material,” Kata ketua Pemuda Katolik Komac Sagulung, Nimrod Siahaan.

Suasana gotong royong yang penuh nuansa keakraban ini dilanjutkan dengan pengerjaan sebagian fisik gedung Masjid Nurul Islah di bawah panduan rekan-rekan Ansor PAC Sagulung Batam, yang dikomandoi oleh Ketua GP Ansor PAC Sagulung, Takat Prasetya.

Di sela-sela gotong royong, Takat Prasetya mengisahkan bahwa Masjid Nurul Islah adalah salah satu masjid yang sudah lama berdiri di wilayah Mangun Harjo dan terdaftar di Pemko Batam. Namun karena warga penghuni lokasi Mangun Harjo sekarang semakin berkurang (sebagian migrasi mencari pekerjaan di tempat lain), maka masjid tersebut mulai lapuk dan kurang terurus.

“Ansor PAC Sagulung yang melihat langsung kondisi masjid ini kemudian tergerak untuk melakukan renovasi dengan mengajak aliansi kepemudaan lintas agama dan Paguyuban untuk bersama-sama terlibat dengan mengambil peran masing-masing seikhlasnya,” ungkap Takat.

Bagi Takat, besarnya sumbangan bukanlah sebuah ukuran, walau kecil bantuannya tetap menjadi berkah bagi saudara-saudara yang beribadah di Masjid ini.

Virgilius Rutu, Ketua Pemuda Ende Lio Kota Batam disela-sela kegiatan mengungkapkan harapannya agar kedepannya kerjasama kepemudaan lintas aliansi seperti ini terus dipupuk, dan melibatkan lebih banyak lagi pemuda-pemudi dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, tanpa harus membeda-bedakan ras atau golongan.

Sementara itu Cosmas Eko, Sekretaris Pemuda Katolik Komac Sagulung menambahkan bahwa kegiatan gotong royong yang semakin terdegradasi oleh perkembangan jaman ini harus tetap dipertahankan.

“Ini warisan leluhur Bangsa yang bila tidak dirawat oleh Pemuda yang adalah penerus estafet pembangunan Bangsa, maka suatu masa nanti akan tergilas arus jaman.l,” Harap Cosmas.

Dosen Program Studi Informatika di salah satu universitas di Kota Batam ini menilai bahwa kegiatan gotong royong yang melibatkan aliansi kepemudaan lintas sektor, memberi multi pesan positif kepada masyarakat.

Kehadiran Pemuda lintas agama dan Paguyuban dalam aksi-aksi sosial karitatif memberi pesan harmoni dalam keragaman yang selama ini dirindukan masyarakat banyak.

Renovasi masjid Nurul Islah masih membutuhkan bantuan material juga sumbangsih dari banyak pihak.

Semoga kerjasama aliansi kepemudaan lintas sektor ini memotivasi banyak pihak untuk memberikan sedikit bantuan seikhlasnya, dan semoga rumah ibadah ini menjadi tempat yang nyaman bagi saudara-saudara Muslim yang beribadah di tempat ini.

(Amo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *