Polri Apps
banner 728x90

Tugas KPU Kelar, Surya-Taufik Resmi Jadi Bupati dan Wabup Asahan

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Asahan, Owntalk.co.id – Pasca Mahkamah Konstitusi (MK) menggugurkan perkara sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Asahan tahun 2020 yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 1, Nurhajizah – Henri Siregar (Nuri) di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Kini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Asahan menggelar rapat pleno terbuka untuk menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Asahan terpilih tahun 2020, yakni Surya – Taufik (ST 20) nomor urut 2 di hotel Marina Kisaran, Kabupaten Asahan, Jumat (19/2/2021).

Ketua KPUD Kabupaten Asahan, Hidayat SP mengatakan, pelaksanaan rapat pleno terbuka ini sesuai dengan surat keputusan KPU Kabupaten Asahan No.23/PL.02.7-Kpt/1209/KPU-Kab/II/2021 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan tahun 2020.

“KPU tetapkan pasangan ST 20 Surya, BSc – Taufik Zainal Abidin, S.Sis, MSi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asahan, setelah MK memutuskan untuk menolak gugatan pada Pilkada Kabupaten Asahan,” jelasnya.

Dengan digelarnya rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih ini, tugas KPUD Kabupaten Asahan telah selesai.

Selanjutnya, KPUD Kabupaten Asahan akan segera mengusulkan pelantikan yang akan dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara serentak dan bertahap, melalui DPRD Kabupaten Asahan.

“Kita akan segera menyampaikan surat pengantar, surat keputusan berita acara dan termasuk dokumen persyaratan pencalonan kepada pimpinan DPRD, tinggal pimpinan DPRD yang melakukan proses pengusulan dan pengesahan ke Kemendagri melalui Gubernur Sumatera Utara,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Plh Bupati Asahan, Jhon Hardi Nasution mengapresiasi setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2020 yang telah dilaksanakan oleh seluruh elemen penyelenggara, seperti KPU, Bawaslu dan TNI/POLRI hingga berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita sama mengetahui bahwa tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tanggal 9 Desember 2020 telah berlalu, semua itu telah kita lalui bersama dengan kearifan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat, KPU dan Bawaslu telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua paslon, partai pengusung, tim pemenangan dari semua paslon yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto menyampaikan bahwa rapat pleno ini merupakan puncak pelaksanaan Pilkada Kabupaten Asahan tahun 2020.

Ia juga mengapresiasi Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan penyelenggara Pilkada Kabupaten Asahan yang telah bersama-sama menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Asahan.

“Selamat kepada pasangan ST 20, Surya – Taufik sebagai pemenang pada Pilkada Kabupaten Asahan tahun 2020,” ucapnya.

Kemudian, calon Bupati Asahan terpilih, Surya mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI/POLRI, partai pengusung, tim pemenangan, masyarakat Kabupaten Asahan dan semua penyelenggara Pilkada Kabupaten Asahan yang telah berhasil menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 dengan aman, damai dan kondusif.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa kemenangan pasangan Surya – Taufik merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Asahan.

“Pilkada serentak telah selesai kita laksanakan. Mari kita sama-sama bergandengan tangan membangun dan memajukan Kabupaten Asahan yang kita tercinta ini demi untuk menyejahterakan masyarakat,” harapnya.

Senada juga disampaikan oleh calon Wakil Bupati Asahan terpilih, Taufik Zainal Abidin. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara Pilkada serentak Kabupaten Asahan tahun 2020 dan terkhusus kepada partai pengusung dan tim pemenangan atas kerja kerasnya sehingga ST 20 dapat memenangkan Pilkada tahun 2020 ini.

 (Bolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *