Polri Apps
banner 728x90

Kemenkes Belum Capai Target Vaksinasi Kepada Nakes

berita terkini batam
Ilustrasi Vaksinasi Tenaga Kesehatan (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), belum mencapai target vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan (Nakes).

Pemerintah menargetkan setidaknya ada 1,5 juta Nakes yang harus di vaksinasi sampai akhir Februari 2021.

Kemenkes masih belum dapat mencapai target vaksinasi nakes tersebut. Bahkan, diketahui saat ini angkat tersebut belum mencapai setengahnya yang terhitung dari awal proses vaksinasi sejak 14 Januari 2021.

Pemerintah sendiri seharusnya sudah mulai melakukan proses penyuntikan dosis kedua untuk kelompok yang diprioritaskan pada 28 Januari 2021 lalu.

Data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menunjukkan, dari 1.531.907 target vaksinasi Nakes, hingga 2 Februari kemarin setidaknya baru 596.260 orang yang telah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 dari total tersebut.

Untuk jumlah Nakes yang telah mendapatkan dosis kedua sendiri jauh lebih sedikit dibandingkan dari dosis yang pertama, yakni hanya 51.999 orang Nakes.

Selain masalah pendapatan, terdapat juga beberapa masalah yang menyebabkan proses vaksinasi ini belum mencapai target. Kondisi kesehatan Nakes yang harus dipertimbangkan, ada juga beberapa Nakes yang menolak untuk melakukan vaksinasi ini.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman berpendapat, mungkin untuk mencapai target 1,5 juta vaksinasi Covid-19 baru dapat tercapai pada kuartal pertama 2021 ini, yakni bulan Maret depan.

Ketua Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi (PAEI) Masdalina Pane, juga menyinggung masalah pendapatan vaksin pada Nakes.

Masalah ini juga membuat proses vaksinasi menjadi lambat dikarenakan petugas di lapangan harus kembali melakukan update secara manual menggunakan perangkat Excel untuk dilaporkan ke PPSDM Kemenkes. Hal ini tentu juga memerlukan waktu agar dapat diselesaikan.

Pemerintah sendiri masih melakukan upaya untuk menggelar vaksinasi masif yang awalnya dilakukan di klinik, kini dialihkan secara serentak di gedung pertemuan atau sasana olahraga, agar dapat mempercepat proses vaksinasi. Seperti yang dilakukan Pemprov Jabar pada Rabu ini di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung.

Pemprov DKI juga sudah merencanakan untuk menggelar vaksinasi massal kepada Nakes yang berlokasi di Istora Senayan, Jakarta, pada kamis (4/2) besok.

(Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *