iklan murah
iklan murah

Pengertian dan Tujuan Membaca Intensif dan Ekstensif

  • Bagikan
berita terkini batam
ilustrasi (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Membaca Intensif dan Ekstensif termasuk ke dalam membaca pemahaman. Meskipun sama-sama termasuk ke dalam membaca pemahaman, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang Membaca Intensif dan Ektensif yang meliputi Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan karakteristik.

1. Pengertian membaca Intensif
Membaca Intensif yaitu membaca dengan penuh pemahaman untuk menemukan ide-ide pokok pada tiap-tiap paragraf, pemahaman ide-ide naskah dari ide pokok sampai pada ide-ide penjelas, dari hal-hal yang rinci sampai ke relung-relungnya.

Tujuan Membaca intensif
Membaca intesif, selain bertujuan untuk mendapatkan informasi sebagai bahan diskusi, Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa menentukan bahan diskusi dengan cara membuat kesimpulan dari pokok-pokok pikiran itu kemudian mengambil inti sari dari persoalannya.

Adapun manfaat membaca intensif antara lain :
• Pembaca menguasai isi teks secara mantap.
• Pembaca mengetahui latar belakang ditulisnya teks tersebut.
• Pembaca dapat mempunyai daya ingat yang lebih lama yang berhubungan dengan isi teks.

2. Pengertian membaca Ekstensif
Membaca Ekstensif adalah membaca keseluruhan isi teks dari bacaan dalam waktu yang sesingkat mungkin dengan tujuan untuk memahami isi yang penting dalam bacaan agar membaca secara efisien dapat terlaksana.

Tujuan membaca ekstensif
Dalam membaca ekstensif ada beberapa tujuan yang ingin dicapai. Ketika kondisi mendesak yang mana kalian dituntut untuk mengetahui isi dari bacaan, maka kalian bisa menerapkan teknik membaca ekstensif ini

Manfaat membaca ekstensif atau membaca cepat adalah sebagai berikut :
• Untuk memahami isi buku dengan singkat walau dengan hanya mengetahui garis besarnya.
• Untuk menemukan isi teks wacana dalam waktu yang singkat .
• Untuk mengetahui kesan pembaca mengenai teks bacaan

BACA JUGA :  Hoaks Sekolah di Jakarta Buka Saat PSBB Transisi

Karakteristik membaca dengan teknik membaca intensif meliputi, membaca untuk meraih tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam waktu relatif lama. Membaca dengan detail agar mendapat pemahaman seluruhnya yang meliputi isi dan bagian teks

Dari langkah-langkah dan strategi yang telah diuraikan di atas dapat dilihat bahwa strategi belajar ini dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran terutama materi-materi yang lebih sukar dan menolong siswa untuk berkonsentrasi lebih lama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *