Cara Membuat Abstrak dan Cara Mencari Kelebihan dan Kelemahan nya

  • Whatsapp
Contoh membuat abstrak dalam karya ilmiah. (Foto : Ist)

Jakarta, Owntalk.co.id – Abstrak adalah penyajian singkat mengenai isi tulisan sehingga dapat menjelaskan secara singkat kepada pembaca. Lalu bagaimana cara membuat abstrak yang benar?

Membuat abstrak merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Cara membuat abstrak sendiri mempunyai kaidah dalam penulisannya.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menentukan isi dari karya tulis yang dibuat atau sebagai penggambaran terkait dengan keseluruhan penelitian pada skripsi yang akan dibuat. Abstrak merupakan salah satu unsur penting dalam struktur penulisan.

Berikut ini tips untuk menulis abstrak pada penelitian:

1. Jelaskan latar belakang masalah penelitian Penelitian dipilih karena memiliki urgensi dan tujuan tertentu, maka pada bagian ini, perlu menjelaskannya secara singkat apa saja yang melatarbelakangi masalah tersebut, dan mengapa penelitian tersebut dilakukan.

2. Jelaskan metode yang digunakan pada penelitian Metode penelitian adalah sebuah alat untuk menyelesaikan permasalahan pada suatu penelitian, maka metode adalah instrumen penting yang harus dijelaskan pada abstrak.

3. Deskripsikan hasil penelitian Bagian ini bertujuan menjelaskan secara singkat hasil penelitian, dapat berupa apa saja yang didapat saat melakukan penelitian, jelaskan secara umum saja.

4. Simpulkan hasil penelitian Kesimpulan adalah suatu hal yang paling vital dalam suatu penelitian, dimana peneliti harus menyimpulkan keseluruhan penelitiannya hanya dengan beberapa kalimat saja.

5. Berikan kata kunci di akhir paragraf Kata kunci pada penelitian berguna untuk memudahkan pencarian secara online, kata kunci dapat dipilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.

Berikut contoh Membuat Abstrak dan cara mencari kelebihan dan kelemahan nya yang telah Owntalk.co.id rangkum dari berbagai sumber.

  1. Contoh Abstrak

Meningkatkan Efisiensi Bank Sampah Dengan Aplikasi Mobile
Veby Regina Milano, Novenia Meglim, Haekal, Institut Teknologi Bandung

Indonesia kini sedang dilanda masalah darurat sampah. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup yang dirilis pada tahun 2015, sampah di Indonesia setiap tahunnya bertambah sekitar 200 ribu ton per hari, atau sekitar 73 juta ton per tahun. Dari 73 juta ton sampah tersebut paling banyak dihasilkan dari rumah tangga, yakni sebesar 48 persen, diikuti oleh pasar tradisional dengan 24 persen, kawasan komersial dengan 9 persen, dan sisanya dari fasilitas publik, sekolah, kantor, jalan, dan lain-lain.

Diperkirakan pada tahun 2019, Negara Indonesia akan menghasilkan sampah sekitar 77 juta ton per tahun jika tidak ditangani secara serius dan komprehensif. Penanganan sampah terkini lebih populer dengan menggunakan sistem bank sampah. Penggunaan bank sampah yang efektif dapat memudahkan pengelolaan sampah menjadi lebih teratur sebesar 2-2,5 ton sampah per bulannya. Sistem ini memungkinkan masyarakat untuk menabung tanpa menggunakan uang, tetapi menggunakan sampah yang sudah dipisahkan berdasarkan jenisnya. Aplikasi bank sampah pada smartphone dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengelola sampah miliknya dengan berbagai fitur yang disediakan.

Fitur tersebut seperti akses informasi mengenai jenis sampah dan cara daur ulang, kalkulator estimasi biaya sampah, akses lokasi bank sampah terdekat, layanan penjemputan sampah, pendaftaran sukarelawan untuk daur ulang sampah, dan lapak untuk menjual hasil daur ulang. Pengguna juga dapat melihat tabungan sampahnya melalui aplikasi ini.

Pengukuran terhadap peningkatan efisiensi bank sampah dengan menggunakan aplikasi mobile perlu kajian lebih dalam. Perlu adanya studi ke lapangan untuk melihat keadaan nyata dari pengelola bank sampah. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan efektivitas dari bank sampah sehingga dapat mengurangi masalah sampah dengan nilai yang lebih signifikan.

Kata Kunci: sampah, bank sampah, aplikasi, efektifKelebihan

Baca Selengkapnya …

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *