Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Nyanyi Berisiko Tularkan Virus Corona, Berikut Cara Kurangi Resikonya

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Owntalk.co.id – Di beberapa negara, menyanyi di pesta pernikahan atau klub malam sudah dilarang. Menyanyi dianggap sebagai salah satu aktivitas yang bisa menyebarkan virus corona selain dari bernapas dan batuk.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti gabungan dari berbagai universitas dunia mencoba melihat bagaimana tetesan dan aerosol dapat dikeluarkan dalam jumlah banyak saat orang bernyanyi. Penelitian berhasil memperlihatkan bagaimana bernyanyi sangat berisiko menularkan virus corona, terutama ketika dilakukan secara bersamaan di ruangan berventilasi buruk.

Dalam studi tersebut, peneliti menempatkan sebuah kamera untuk melihat droplet yang dikeluarkan dari mulut seorang penyanyi saat melantunkan lagu dalam skala mayor, seperti do-re-mi-fa-so-la-si-do. Mereka kemudian melacak emisi tetesan dan aerosol dari orang tersebut. Peneliti menemukan, nada “do” dan “fa” menghasilkan aerosol lebih banyak ketimbang nada lainnya. Mereka juga menemukan arah tetesan yang dikeluarkan dapat berubah sesuai dengan konsonan yang berbeda. Peneliti menyebut, tetesan pernapasan itu jatuh dengan cepat dalam jarak satu hingga dua meter dari orang yang mengeluarkannya.

Saat bernyanyi secara bersama-sama dengan dengan jarak berdekatan dalam ruang yang terbatas, Ini menciptakan kondisi yang dapat meningkatkan penyebaran SARS-CoV-2.

Untuk mengurangi risiko penularan, peneliti menyarankan agar menyanyi dilakukan dengan beberapa syarat tertentu. Berikut rekomendasi ilmuwan:

  1. Bernyanyi di luar ruangan atau berventilasi baik dengan jendela besar yang terbuka lebar karena dapat menghilangkan aerosol,
  2. Jaga jarak fisik minimal dua meter saat bernyanyi
  3. Bernyanyi dengan durasi yang lebih singkat
  4. Bernyanyi lah dengan lembut karena cenderung mengeluarkan lebih sedikit aerosol
  5. Memerhatikan faktor risiko setiap individu penyanyi, termasuk usia, kelompok rentan, dan faktor risiko lainnya.

Beberapa orang juga menyarankan agar memakai face shield atau pelindung wajah saat bernyanyi bersama. Kendati begitu, face shield tidak menjamin kamu terlindung dari paparan virus corona karena masih ada celah yang bisa masuk. Bagaimanapun, menerapkan protokol kesehatan adalah hal terpenting dalam menghindari paparan COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *