Polri Apps
banner 728x90

Ekonomi Terpukul, Mahasiswa Unri Digitalisasikan UMKM

berita terkini batam
tim KKN Universitas Riau, (Foto: Owntalk)

Tanjung Uban, owntalk.co.id – Penurunan omset usaha mikro kecil menengah (UMKM) terjadi di Kelurahan Tanjung Uban Utara, Tanjung Uban. Penurunan ini terjadi akibat pukulan ekonomi yang
menerjang mengikuti pandemi Covid-19.

Data tersebut adalah hasil survei mahasiswa tim kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Riau (Unri) yang sedang mengabdi di sana.

Tak hanya melakukan survei, Indriani Solita selaku anggota dari tim KKN ini mengaku mereka juga membantu UMKM di sana.

“Kami juga membantu menginovasikan digital marketing untuk para pelaku UMKM,” jelas Indri via pesan singkat, Rabu (12/8/2020).

Menurut Indri, mereka melakukan digitalisasi UMKM ini untuk membantu para pelaku usaha guna bertahan selama masa pandemi. Ia mengatakan, keterpurukan ekonomi yang terjadi membuat para
pelaku usaha di sana tertekan akibat pemasukan yang menurun drastis. Padahal, mereka tetap harus memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka.

“Agar mereka tidak terus mengalami keterpurukan dalam sektor ekonomi,” terang Indri.

Proses digitalisasi dilakukan melalui sosial media. Menurut Indri, dengan ini mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

“Informasi tentang produk dapat sampai ke konsumen. Bahkan, tanpa harus datang ke warung UMKM tersebut,” jelas mahasiswi ekonomi ini.

Membantu penjual otak-otak, tim KKN ini sukseskan digitalisasi mereka dengan meraup untuk hingga Rp3 juta dalam empat hari.

“Hal ini tentunya merupakan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan sebelumnya,” jelas Indri.

“Dan ini bisa menjadi cara agar UMKM lain dapat bertahan selama masa pandemi,” lanjutnya berharap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *