Polri Apps
banner 728x90

Vaksin Covid-19 Produksi Rusia Belum Terjamin

berita terkini batam
Ilustrasi Vaksin penangkal Covid-19, (Foto: Owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum dapat menjamin keamanan vaksin virus Covid-19 produksi Rusia. Menurut mereka, vaksin bernama Sputnik V ini harus melewati tahap prakualifikasi terlebih dahulu.

“Kami berhubungan erat dengan otoritas kesehatan Rusia dan sedang berdiskusi sehubungan dengan kemungkinan prakualifikasi vaksin WHO. Tetapi, sekali lagi prakualifikasi vaksin apa pun mencakup tinjauan dan penilaian yang cermat dari semua data keamanan dan kemanjuran yang dibutuhkan.” jelas Tarik Jasarevic selaku juru bicara WHO saat jumpa pers di Swiss, Rabu (12/8/2020). Dilansir dari Associated Press.

Michael Head selaku peneliti rekanan senior di Universitas Southampton, mengaku ragu atas kemanjuran vaksin ini. Dugaanya, Sputnik V hanya diuji ke beberapa orang. Ia menilai, pemerintah Rusia terlalu terburu-buru menyetujui vaksin itu.

Jika mengikuti standar dunia, uji klinis vaksin tahap tiga harus melibatkan sekitar 10 ribu orang dan akan memakan waktu lama. Tahap tersebut adalah satu-satunya tahapan eksperimen yang membuktikan keamanan dan kemanjuran vaksin.

Vladimir Putin selaku Presiden Russia menyatakan, Sputnik V telah mendapat persetujuan Kementerian Kesehatan Rusia. Ia mengklaim, salah satu anaknya juga menjadi relawan uji klinis vaksin produksi Rusia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *