Polri Apps
banner 728x90

Kunjungan Wisman ke Indonesia Diprediksi Anjlok

berita terkini batam
Tempat Wisata di bali, (foto: owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Akibat pandemi Covid-19, kunjungan Wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini anjlok. Diperkirakan, kunjungan wisman hanya akan capai 4 juta orang/tahun pada tahun ini.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari, kunjungan wisman ke Indonesia dapat mencapai 18 juta orang/tahun tanpa adanya pandemi.

“Menurut perkiraan kami situasi pariwisata yang kalau harusnya sebelum ada covid adalah itu 18 juta dulu. Sekarang tahun ini sekitar 2,8-4 juta wisatawan, yang harusnya 18 juta,” ujarnya saat webinar, Jumat (7/8/2020).

Jumlah wisatawan lokal juga diprediksi mengalami pengurangan. Jumlah wisatawan lokal diprediksi hanya akan mencapai 130 juta orang/tahun. Angka ini sangat jauh dari target yang sebanyak 310 juta orang/tahun.

“Itu juga wisatawan domestik yang diperkirakan 310 juta hanya akan ada terjadi 140 juta, kalau kita pada angka sampai sekarang. Untuk wisatawan mancanegara akan terjadi di 2024 atau 2025,” papar Hari.

Pemerintah berencana membuka travel bubble, yaitu akses masuk dari beberapa negara terbatas. Diketahui, pemerintah Indonesia sedang menjalin komunikasi dengan Korea Selatan, China, dan Taiwan.

“Tentu kita akan pikirkan dengan negara yang pengelolaan kesehatannya baik dan kasus COVID-nya rendah. Ada Korea Selatan, Taiwan, China, yang bagus tapi kita belum menentukan,” jelas Hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *