Polri Apps
banner 728x90

Bank Indonesia: Keyakinan Konsumen Membaik

berita terkini batam
Bank Indonesia,(Foto: Owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Survei oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan konsumen lebih optimis terhadap ekonomi pada Juli 2020.

Optimisme ini tercermin pada kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang bergerak dari 83,8 menjadi 86,2.

Menurut Onny Widjanarko selaku Kepala Departemen Komunikasi BI, optimisme konsumen pada kondisi ekonomi didorong oleh keyakinan masyarakat. Keyakinan ini berlandaskan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama.

Hal ini, sejalan dengan ekonomi yang berjalan kembali di tengah pandemi Covid-19.

“Hal tersebut seiring dengan kegiatan ekonomi yang kembali meningkat pasca pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia.” ungkap Onny melalui keterangan resmi, dikutip pada Kamis (6/8/2020).

Proyeksi konsumen atas kondisi ekonomi enam bulan ke depan relatif stabil.

Hal ini sesuai dengan ekspektasi atas penghasilan dan tersedianya lapangan kerja di saat perkiraan kegiatan usaha yang membaik.

“Keyakinan konsumen membaik di 13 kota survei dengan kenaikan tertinggi di kota Maritim, Denpasar, dan Pangkal Pinang,” ujar Onny.

Onny sebelumnya juga menyatakan optimisme konsumen yang meningkat pada Juni 2020. Tercatat, IKK Juni 2020 bergerkan naik dari 77,8 menjadi 83,8.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *