Polri Apps
banner 728x90

Klaim Temukan Obat Covid, IDI Curigai Hadi Pranoto

berita terkini batam
Hadi Pranoto dan Anji, (Foto: Owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Adib Khumaidi selaku Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) minta kepolisian selidiki orang yang klaim telah menemukan obat Covid-19, Hadi Pranoto. Ia menduga Hadi membohongi publik melalui pernyataannya pada wawancara dengan Anji.

“Ini tentu harus ditelusuri oleh aparat, bukan tidak mungkin kebohongan publik yang dilakukan.” terang Hadi, Minggu (2/8/2020). Dilansir dari Tempo.co

Pada video Youtube Anji, Hadi disebut memiliki gelar Profesor dan berstatus sebagai ahli mikrobiologi. Hadi juga klaim temukan obat herbal antibodi Covid-19 yang dapat sembuhkan pasien dalam dua sampai tiga hari.

Adib mengaku, pihaknya telah coba telusuri latar belakang Hadi. Tercatat, Hadi bukanlah anggota IDI. Ia juga mengatakan jika Kelompok ahli mikrobiologi juga tak mengenal Hadi.

“Sampai saat ini kami telusuri datanya belum kami dapatkan. Mungkin bisa dibantu aparat untuk menelusuri siapa dia ini,” jelasnya.

Menurut Adib, klaim Hadi atas temuan obat herbal antibodi Covid-19 juga dipertanyakan. Adib menanyakan institusi yang menaungi penelitian obat tersebut.

“Kalau dia melakukan penjelasan ke publik dan tidak bisa membuktikan secara ilmiah, ini tentu berpotensi kebohongan publik,” kata dia.

Adib meminta masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi mengenai obat Covid-19. Menurutnya, informasi seperti ini juga mempengaruhi keamanan pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *