Polri Apps
banner 728x90
Opini  

Migrasi Politik. Para Politikus Kepri

berita terkini batam
Hendri Rahman Direktur Batam Reseach Center. (Foto: Owntalk)

Sahabat saya Tonny Siahaan merasa sumingrah. Dia merasa berada dirumah baru yang didambakan. Rumah baru Partai Golkar telah membuat dia bahagia setelah sekian lama membesarkan Partai Perindo bersama Rahmad Wahid dan Andi Kusuma sekarang dia melabuhkan tambatan Hati kepartai Golkar.

Migrasi Pindah partai itu biasa. Gubernur Kepri Isdianto setelah dibesarkan PDIP kini memilih jalan lain. Lumrah dan biasa demi satu tujuan politik dan ambisi kekuasaan.

Tonny dan Isdianto bisa dijadikan studi kasus peta politik Kepri. Migrasi politik Tonny lebih kepada pencarian rumah baru yang humble dan sesuai dengan harapannya. Isdianto sang Gubernur Kepri lebih kepada kekuasaan. Tak ada yang salah dari keduanya tergantung cara memaknai tujuan saja

Migrasi politik tidak akan berdampak positif bagi demokrasi Indonesia. Sebaliknya, migrasi politik malah akan membuat demokrasi sakit. Ini karena migrasi politik lebih sering dipicu hal-hal yang bersifat transaksional dan pragmatis.

Perpidahan kader partai ke partai lain tidak memberi pembelajaran politik yang baik ke masyarakat, Migrasi politik bisa dilakukan secara instusional maupun personal. Instusional yakni apabila suatu menyatakan diri bergabung ke dalam partai lain. Sedangkan personal yakni apabila kader suatu partai menyeberang ke partai lain dengan alasan-alasan tertentu.

Ada beberapa penyebab migrasi politik terjadi, di antaranya karena seseorang sudah merasa tidak diperhatikan, Ide ide yang tidak diterima, pengambilan keputusan tampa musyawarah, komplik internal dan banyak lagi persoalan.

Dalam UU Partai Politik, AD/ART dan Peraturan Organisasi partai Politik, proses migrasi tidak sulit. Cukup dengan menjadi angota partai yang menjadi tujuan migrasi. “Keanggotaan pada partai yang ditinggalkan otomatis gugur.

Migrasi adalah salah satu kelumrahan. Siapapun bisa melakukan. Saya tidak memandang tabu politik dan dosa, silahkan dan selamat datang dirumah baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *