Polri Apps
banner 728x90

Kemenag Menggelar Sidang Isbad Hari Raya Idul Adha

berita terkini batam
Kemenag akan menggelar siding isbad hari ini. ilustrasi (Foto: Owntalk)

Owntalk – Kementrian Agama (Kemenag) akan menggelar siding isbad untuk menentukan datangnya bulan Zulhijah 1441 Hijriah hari ini. Selasa (21/7).

Mentri agama Fachrul Razi akan memimpin langsung sidang isbad tersebut.

Sidang isbad dilakukan sesuai protocol kesehatan, sehingga tidak semua datang secara fisik di Kementrian Agama.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag,Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” Ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam, Agus Salim.

Agus menjelaskan sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Pertama dimulai pukul 17.00 WIB pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Yang kedua, sidang isbat yang dimulai setelah Salat Magrib dan dipimpin oleh Fachrul.

Sidang nantinya diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.

“Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos kemenag,” lanjutnya

Agus mengatakan pihaknya sudah menetukan 84 lokasi untuk menggelar  rukyatul hilal atau pemantauan hilal. 84 lokasi tersebut tersebar di 34 provinsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *