Polri Apps
banner 728x90

Benarkah Palestina Hilang Dari Google Maps?

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Apakah benar Palestina dihapus dari Google Maps?
Ya, benar. Nama Palestina tidak ada di Google Maps alias tidak tercantum di wilayah yang seharusnya merupakan negara Palestina dalam Google Maps.

Dalam aplikasi Google Maps, bila diketik nama Palestina, memang benar tidak akan muncul nama Palestina melainkan Israel.

Siapapun yang mencari Palestina di Google Maps sekarang akan diarahkan ke wilayah geografis yang bernama Israel.

Wilayah Israel ditandai di peta, berpotongan dengan garis-garis yang menggambarkan wilayah Palestina.

Tidak adanya nama Palestina di peta tersebut menimbulkan pertanyaan di masyarakat dunia. Padahal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara-negara di dunia mengakui negara Palestina.

Mengutip History, lebih dari 135 negara anggota PBB mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Artinya, sekitar 82 persen populasi dunia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara.

Tidak ada kepastian apakah benar Google sengaja menghapus Palestina dari Google Maps atau apa alasan Palestina dihapus dari Google Maps.

Melansir dari kompas, Google tidak segera memberikan komentar terhadap tuduhan tersebut. Tetapi bagian dari situs webnya didedikasikan untuk menyatakan batas-batas yang disengketakan, dengan ketentuan:

Batas yang disengketakan ditampilkan sebagai garis abu-abu putus-putus. Tempat-tempat yang terlibat tidak menyetujui batas.

Dengan demikian, bisa disimpulkan alasan kenapa Palestina tidak ada di Google Maps karena Google menganggap Palestina sebagai wilayah yang masih terlibat sengketa.

Hal serupa pernah terjadi pada beberapa tahun lalu. Masyarakat dunia terutama pendukung Palestina juga mempertanyakan kepada Google mengapa Palestina dihapus dari maps.

Mengutip pemberitaan The New York Times pada 11 Agustus 2016, seorang juru bicara mengatakan tidak pernah ada label Palestina di Google Maps.

Pada saat itu pihaknya mengemukakan, ditemukan bug yang menghapus nama Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dan mengatakan segera mengatasinya.

Di mana letak Palestina?
Palestina terletak di bagian barat benua Asia. Mengutip History, Palestina adalah wilayah daratan kecil sekitar 2.400 mil persegi.

Hingga 1948, Palestina mencakup wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan.

Secara teoritis, Palestina mencakup Tepi Barat atau West Bank (wilayah yang membagi Israel dan Yordania modern) dan Jalur Gaza (tanah yang berbatasan dengan Israel dan Mesir modern). (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *