Polri Apps
banner 728x90

KOMINFO Optimis Capai 3 Unicorn Walaupun Ekonomi Lemah

berita terkini batam
Ilustrasi Unicorn dari perusahaan startup, (foto: owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Sesuai target pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) optimistis tiga unicorn baru akan muncul di Indonesia meskipun ekonomi sedang lemah.

Kominfo menargetkan tumbuhnya tiga unicorn di Indonesia hingga 2024.

“Itu masih bisa tercapai,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A Pangerapan. Pada webinar Katadata Forum ‘Pandemi Covid-19 Dampak Terhadap Pelaku Ekonomi Digital’, Kamis (9/7/2020) sore.

Menurut Samuel, ketika ekonomi sudah mulai bergerak, tumpuan akan berada pada ekonomi digital. 

“Kami optimistis ekonomi bergerak lagi dan kita semua berkembang. Digital adalah solusi yang tepat dalam memasuki pembangunan ekonomi berikutnya,” kata Semuel.

Menurut Samuel, ada peluang unicorn tersebut berasal dari sektor keuangan, pendidikan, dan pertanian. Di acara itu, ia mengemukakan perwakilan perusahaan rintisan (startup) yang sudah memiliki nilai unicorn, namun tidak mengumumkannya.

Riset lembaga Katadata pada 139 startup periode Mei-Juni lalu menunjukkan 48,9 persen startup bisa bertahan lebih dari satu tahun setelah pandemi. Sebanyak 20,9 persen startup mengaku mereka bisa bertahan 6-12 bulan setelah pandemi. Sementara 20,1 persen bisa bertahan dalam waktu 3-6 bulan. 

Namun 10,1 persen startup hanya sanggup bertahan kurang dari tiga bulan setelah pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *