Polri Apps
banner 728x90

Isdianto Ingin Kembangkan Potensi Pertanian Kepri

berita terkini batam
Plt Gubernur Kepri, Isdianto. (foto: owntalk)

Tanjung Pinang, owntalk.co.id – Plt. Gubernur H. Isdianto mengatakan sektor pertanian di Kepri harus terus berkembang untuk menyejahterakan petani. Termasuk memperkuat ketahanan pangan Kepri sebagai daerah terdepan di Indonesia.

“Di beberapa daerah sektor pertaniannya sangat bagus. Saya ingin terus berkembang sehingga bisa memenuhi kebutuhan Kepri bahkan jenis tertentu bisa diekspor. Dengan sendirinya masyarakat akan semakin sejahtera,” kata Isdianto di Graha Kepri, Batam, Selasa (7/7).

Soal pertanian, Isdianto berharap pada pekan depan rencana ekspor kelapa gading ke Malaysia dari Karimun bisa dimulai. Untuk kegiatan ini, pekan lalu, Isdianto sudah mendapat laporan dari Karantina Karimun.

Isdianto mengatakan pertanian akan menjadi perhatian serius untuk terus dikembangkan. Tentu saja sektor kemaritiman dan pariwisata juga menjadi unggulan untuk meningkatkan kemajuan Kepri.

Isdianto mengaku senang dengan pilihan produk pertanian yang berpotensi ekspor. Dengan demikian, petani tahu apa yang mereka usahakan mempunyai nilai ekonomi tinggi.

“Cukup penting jika kita memperhatikan nilai jual untuk ekonomi produknya. Tapi benar-benar dikelola dan dipastikan setelah panen. Jangan sampai masyarakat dikecewakan. Jangan sampai sudah menyiapkan lahan, sudah menanam. Ternyata harga rendah dan tidak menarik bagi petani. Akhirnya bangkrut,” Isdianto mengingatkan.

Sepanjang 2019, nilai ekspor pertanian Kepri mencapai angkat Rp4 triliun. Isdianto mengaku ingin lebih meningkat lagi. Namun, pandemi Covid-19 membuat beberapa sektor terganggu. Tapi ke depan dia berharap jumlahnya semakin meningkat.

Isdianto mengajak semua pihak bersinerni untuk meningkatkan sektor ini. Dengan terus berkembang, Kepri akan semakin maju.

“Seperti selalu saya sampaikan, dengan bersama kita pasti bisa. Saling bantu dan mendukung buat kemajuan Kepri,” ujar adik kandung H Muhammad Sani ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *