Polri Apps
banner 728x90

Jokowi Perintahkan Penegak Hukum “ Gigit “ Kepala Daerah Yang Korupsi Dana Covid

Jokowi Kenalkan Susunan Kabinaet Esok setelah di Lantik
Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo.

Jakarta, owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan aparatur penegak hukum untuk menindak tegas kepala daerah dan ASN yang bermain-main dengan anggaran bantuan Covid 19.

pemerintah pusat, kata Jokowi menggelontorkan Rp677,2 triliun untuk penanganan covid -19 dan PEN harus dikawal untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat.

Oleh karena itu, Ia meminta penegak Hukum untuk berani (menggigit) siapa saja yang bermain-main dengan anggaran itu.

Pemerintah tidak main-main soal akuntabilitas. Pencegahan diutamakan, tata kelola yang baik didahulukan. Tetapi, kalau masih ada yang bandel niat korupsi, ada mens rea, maka silahkan bapak ibu digigit dengan keras uang negara harus diselamatkan,” ujarnya saat membuka rakornas pengawasan intern pemerintah di Istana Merdeka, Senin (15/6).

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta peran serta masyarakat untuk mengawal dan melaporkan jika ada indikasi penyelewengan bantuan yang tidak tepat sasaran.

Lantas, kepada lembaga pemeriksa internal pemerintah, seperti Badan Pemeriksa keuangan (BPK), perlu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, dan KPK.

“Dengan sinergi check and balances dan dukungan lembaga dan seluruh rakyat Indonesia, kita dapat berjalan baik dan lebih cepat mengawal agenda besar bangsa menuju indonesia maju,” pungkasnya.

Jokowi juga meminta kementerian di bidang kesehatan untuk melakukan tindakan preventif agar pandemi covid-19 tidak menyebar luas, sementara jajaran kementerian di bidang ekonomi dan sosial serta pemerintah daerah harus memastikan masyarakat terdampak covid-19 menerima bantuan sosial (bansos). (Agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *