Polri Apps
banner 728x90

Paguyuban KEKAL Kota Batam Bantu Warga Terdampak Covid-19

berita terkini batam
(foto: owntalk)

Batam, Owntalk.co.idPengurus Paguyuban Kerukunan Keluarga Lembata (KEKAL) Kota Batam menggelar solidaritas  kemanusiaan, berupa pembagian sembako buat warga Batam asal Kabupaten Lembata yang terdampak Covid-19, Sabtu (13/06/2020), di Ruko Tunas Regency Blok F1 Nomor 2, Sagulung, Kota Batam.

Solidaritas kemanusiaan ini murni perhatian dan empati dari pengurus KEKAL kepada warga Lembata di kota Batam yang kurang mampu dan terdampak Covid-19.

“Kita salurkan paket sembako untuk masyarakat Batam asal Kabupaten Lembata yang kurang mampu dan merasakan dampak wabah covid-19. Jangan dinilai dari besar kecilnya, tapi melalui kegiatan ini, kita harapkan bisa membawa manfaat untuk meringankan beban hidup mereka,” kata Sebastianus Lusi Langoday, Ketua Kekal Kota Batam saat ditemui dilokasi kegiatan.

Bantuan sembako ini, Kata Bastian, semoga menjadi kekuatan bagi warga Lembata di Kota Batam dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini. Keberadaan Paguyuban KEKAL ini harus memberikan manfaat bagi warga Lembata yang domisili di kota Batam.

Sekertaris Kekal Kota Batam, Atanasius Dula mengatakan, sebagai organisasi Paguyuban, KEKAL turut mengambil bagian dalam membantu pemerintah kota Batam, untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, terutama masyarakat Batam yang berasal dari Kabupaten Lembata.

“Dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, KEKAL sebagai organisasi Paguyuban, turut mengambil bagian membantu pemerintah kota Batam, untuk meringankan beban hidup masyarakat Batam, khususnya warga yang tergabung dalam Paguyuban KEKAL,” Tuturnya.

Atanasius menambahkan, Secara organisasi, KEKAL punya kelemahan dan tidak bisa menjangkau seluruh warga kekal di Batam. Sembako ini hanya untuk yang benar-benar membutuhkan, seperti Janda, duda, anak kost/kontrakan dan warga yang kehilangan pekerjaan akibat Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Kekal Kota Batam, Dominikus Jawa, S.H. menjelaskan, pembagian sembako ini ditujukan kepada warga sesuai data yang diterima dari ketua kecamatan masing-masing.

“Kegiatan ini baru tahap pertama, untuk warga KEKAL di wilayah kecamatan Sagulung, Batuaji dan Sekupang. Tahap berikutnya nanti disesuaikan, semua kita bagikan sesuai data yang kita terima dari ketua kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Evan, sapaan akrab Dominikus Jawa, juga menghimbau kepada warga penerima bantuan, agar selalu  mematuhi anjuran pemerintah, mengikuti protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran virus mematikan ini.

“Mengurangi kegiatan yang tidak perlu, selalu jaga jarak. Kalau tidak ada kepentingan mendesak jangan keluar rumah. Keluar rumah untuk urusan penting, wajib gunakan masker,” kata Evan mengingatkan warga sambil berharap, wabah corona segera berakhir agar masyarakat dapat menjalankan kehidupan normal.

Bantuan paket sembako yang diberikan oleh paguyuban KEKAL ini antara lain, beras 4 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 kg dan mie 5 bungkus.

Megawati, salah satu warga penerima bantuan sembako memberikan apresiasi kepada Paguyuban KEKAL Kota Batam atas aksi sosialnya. Bantuan sembako yang diterimanya setidaknya dapat membantu meringankan beban ekonominya di tengah pandemi Covid-19.

“Terimakasih KEKAL atas bantuan sembakonya. Dengan kondisi yang sulit saat ini, bantuan ini dapat meringankan beban kami,” kata janda empat anak ini, yang sehari-hari bekerja sebagai tukang cuci dan gosok keliling di daerah Tiban Damai. (Amo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *