Polri Apps
banner 728x90

Jefridin Sambut Wisman Pertama di tahun 2020

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi, menyambut wisatawan mancanegara pertama yang datang ke Batam di tahun 2020. Penyambutan diadakan di Pelabuhan Internasional Sekupang, Rabu (1/1).

Dua turis asal Filipina, Dannis dan Yasmin yang menjadi sepasang wisman pertama di tahun baru ini. Keduanya merupakan penumpang kapal Ferry Majestic yang merapat di pelabuhan Sekupang pukul 07.00 WIB.

Keluar dari kapal, keduanya langsung disambut tabuhan kompang dan silat Melayu. Selanjutnya keduanya disambut Jefridin yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kepala Dinas Kominfo, serta stakeholder di pelabuhan seperti Bea dan cukai, Imigrasi, Kepolisian Pelabuhan, dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPBD).

Jefridin memasangkan tanjak dan mengalungkan bunga kepada wisman laki-laki serta memberikan bunga tangan kepada wisman perempuan. Prosesi ini sebagai tanda penyambutan kedua wisman dengan suka cita. Kedua tamu ini juga mendapat pelayanan istimewa dengan diterima di ruang VIP Pelabuhan sebelum dilepas keluar dari pelabuhan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan menyambut wisman pertama ini rutin dilakukan setiap tahun. Di tahun 2020 ini sedikit berbeda pada tahun sebelumnya karena ada atraksi silat. 

“Sedikit unik tahun ini, yakni disambut silat yang merupakan salah satu produk Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Batam. Silat ini untuk penyambutan tamu,” kata dia.

Ardi mengatakan Pemko Batam terus mempercantik kota untuk mendukung kunjungan wisatawan. Yakni aksesibilitas berupa pembangunan jalan yang tengah dibangun oleh Wali Kota Batam, Muhamad Rudi. Sehingga wisman merasa nyaman dan lebih banyak mengunjungi destinasi wisata. 

“Kalau yang dulu mungkin hanya dua tempat, sekarang bisa empat dan lima karena tidak terbentur dalam hal akses,” ujarnya.

Kemudian amenitas juga berperan penting meningkatkan kunjungan. Ia berterima kasih kepada stakeholder membuat batam tercukupi di bidang kesehatan rumah sakit, di bidang transportasi, akomodasi, terminal.

Terakhir aktraksi, menurutnya wisman mempunyai banyak pilihan berdestinasi di Kota Batam, di antaranya wisata belanja, kuliner, spa. Selain itu ada setidaknya 136 kegiatan pariwisata yang akan digelar di sepanjang 2020. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *