Polri Apps
banner 728x90

Kapal Penyelundup Tabrak dan Hajar Petugas BC di Laut Perbatasan

berita terkini batam
(foto: owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Kapal penyelundup yang memuat Barang Kena Cukai / Minuman Memuat Etil Alkohol (BKC/MMEA) terlibat manuver dengan Kapal petugas diperbatasan perairan Batam-Singapura. Kejadian itu terjadi pada Minggu, (1/12/2019) sekitar pukul 20.10 Wib.

Peristiwa terjadi atas adanya informasi yang menyampaikan bahwa akan terjadi penyelundupan BKC/MMEA modus Ship to Ship dengan High Speed Craft di perairan selat Singapore. 

Untuk mengantispasi langkah itu, Satuan Tugas Patroli Laut Kanwil BC Khusus Kepulauan Riau dan KPU BC Batam mengerahkan Satuan Tugas Speedboat untuk mencegatnya disekitar perairan Nongsa dan Karang Galang. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Humas Bea Cukai Kepulauan Riau Yang diterima Owntalk.co.id berupa rilis kronologis kejadian.

Disampaikan olehnya dalam rilis tersebut, sekitar pukul 20.10 WIB, 2 buah HSC terpantau mengikuti speed BC dan kemudian HSC yang berada di depan memotong haluan, namun dapat dihindari, lalu hanya berselang beberapa detik ketika speed BC mengamankan posisi. 

“ Namun Kemudian datang lagi satu buah HSC lain dari arah belakang menutup haluan speed BC dan menyebabkan body contact yang tidak dapat dielakkan” jelasnya dalam rilis tersebut 

Tidak lama berselang HSC pertama tadi  melakukan manuver yang sangat-sangat membahayakan dengan berusaha menabrakkan diri ke speed BC. Speed BC mendekati HSC untuk melakukan pemeriksaan. Namun mendapat perlawanan menggunakan senjata tajam dari ABK kapal penyelundup.

Atas pengancaman dan perlawanan oleh penyelundup itu, Petugas memutuskan untuk memutar haluan arah speed dan bergegas kembali melaporkan kepada pimpinan. Saat itu, satu petugas mengalami cedera dan mengalami Patah Gigi.

Kejadian serupa pun terjadi dilokasi lain di sekitar perairan Karang Galang bagian Timur, speed BC lainnya di serang juga oleh HSC 6 mesin mercury dengan membawakan banyak massa dan melontarkan ancaman ke speed BC. 

Dikarenakan kondisi yang tidak kondusif dan kalah jumlah, speed BC menghindar dan mundur kelokasi aman.

“ Dikarenakan adanya anggota speed BC yg memerlukan tindakan medis segera dan bagian haluan speed BC mengalami kerusakan,  diputuskan untuk kembali ke Pangkalan Kanwil BC Khusus Kanwil Kepulauan Riau untuk dilakukan perawatan kepada anggota speed BC yang terluka dan pengamanan speed BC agar tidak terjadi kebocoran pada speed” Jelas Humas 

Saat ini Jelas dia, Satgas Patla BC 30005 dan BC 1001 sedang berada dilokasi. “ kami sedang melakukan kegiatan SAR. Dimohon doanya rekan-rekan jurnalis, terima kasih” Pinta Refli Silalahi via Whatsapp nya. (Ack)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *